Pasar Aman Dari Kebakaran, Dico Janji Perbaiki Sistem

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Kebakaran pasar yang terjadi tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus ada solusi dan sistem keamanan agar kebakaran bisa teratasi dan tidak sampai menghabiskan beberapa kios dan lapak seperti yang terjadi di Pasar Sidorejo, Senin (05/04/2021). Bupati Dico Ganinduto akan membahas bersama instansi terkait solusi yang tepat dengan melibatkan seluruh pedagang agar bisa sama sama menjaga pasar.

“Kami akan segera membicarakan formula yang tepat agar pasar aman dari kebakaran kita mencari penyebab paling sering terjadi dan kita cari solusi terbaik, jika faktor dominan adalah hubungan arus pendek, maka perlu kita perbaiki instalasi listriknya, jika penyebab dari kompor maka kita berharap seluruh pedagang yang memakai kompor dan tabung selalu di cek,” ujar Dico.

Untuk para pedagang yang kios dan losnya terbakar pihaknya berjanji akan menyelesaikan dalam waktu dua Minggu. “Saya bersama OPD terkait akan mengupayakan penyelesaian pasar darurat dalam waktu dua Minggu, sehingga menjelang ramadhan mereka sudah bisa berjualan,” lanjutnya.

Mengenai bantuan bagi para pedagang yang barang dagangannya terbakar supaya bisa berjualan kembali, Dico akan berkoordinasi dengan BAZNAS. Sedangkan untuk membantu para pedagang terkait pinjaman di Bank atau Koperasi akan dilakukan bantuan pendekatan.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Alfebian Yolando sesuai petunjuk Bupati akan segera membuat pasar darurat, meski demikian pihaknya akan terlebih dahulu berkonsultasi soal kondisi kios yang permanen apa bisa ditempati kembali. “Ada beberapa kios permanen ikut terbakar namun bangunan masih utuh, kami akan konsultasikan apakah bisa dipakai atau tidak bangunan tersebut,”ujar Alfebian.

Pasar Sidorejo atau lebih dikenal dengan Pasar Srogo Senin kemarin terbakar dan menyebabkan 30 kios dilalap si jago merah. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah. (Ung)

BERITA REKOMENDASI