Pasar Darurat Weleri Segera Dibangun

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Kebakaran pasar weleri awal November lalu menyisakan duka 1.900 lebih pedagang kehilangan matapencahariannya. Saat ini Pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya untuk mempercepat Pembangunan Pasar Darurat Weleri, agar para pedagang dapat segera kembali beraktifitas dan menggerakan roda perekonomian.

Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kendal, Fran Ardiansyah ST, Jumat (04/12/2020) mengatakan telah terdapat tiga tempat yang akan menjadi lokasi pasar darurat dan proses saat ini terkait peta pasar darurat telah dibuat. “Kita sudah tentukan lokasi untuk saat ini, yang jelas berada di Weleri 2 atau pasar hewan, terminal depan pasar Weleri dan kita usahakan untuk sewa lahan milik swasta yang berada di sekitar Weleri 2,” ujar Fran

Setiap pedagang nantinya akan mendapatkan lapak kios berukuran 1,5 x 2 Meter, menurut perhitungan dari Disdag untuk lokasi terminal mampu menampung kurang lebih 200 kios, pasar hewan dan lahan milik swasta mampu menampung 1.200 kios. “Pasar darurat ini sudah kita upayakan secepat mungkin kita buat, namun kembali lagi karena terkait anggaran kemungkinan tetap awal tahun, namun untuk lahan dan pembuatan gambar sudah kita buat termasuk usulan anggaran,” lanjutnya.

Anggaran untuk pasar darurat Rp 1 miliar, karena besarnya anggaran maka dalam merencanakan harus tepat. (Ung)

BERITA REKOMENDASI