Pasokan BBM ke Karimunjawa Tersendat

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kondisi cuara dan ombak yang tidak bersahabat di perairan utara laut Jawa mengakibatkan pasokan BBM ke Kepulauan Karimunjawa  Jepara tersendat.PT Pertamina (Persero) MOR IV yang berkantor di Semarang telah menyiapkan pengiriman lewat kapal tanker mini sejak 10 hari lalu.

Menurut Pjs Unit Manager Comm & CSR MOR IV Semarang, Muslim Dharmawan, pengiriman terpaksa ditunda sejak menerima pengumuman dari otoritas Syahbandar dan BMKG adanya cuaca buruk dan berdampak pada ombak di perairan laut Jawa yang tidak memungkinkan bagi keamanan perjalanan kapal ke Karimunjawa.

"Kami sudah siapkan pasokan BBM yang akan mensuplai SPBU di Karimunjawa. Tinggal menunggu dinyatakan sudah aman untuk kami lintasi, maka kapal akan segera berangkat dan memenuhu kebutuhan BBM di Karimunjawa,” ungkap Muslim Dharmawan di kantornya, Selasa (30/1/2018).

Santoso juga meminta minta nelayan dan warga Karimunjawa bersabar sebentar. “Begitu otoritas Syahbandar menyatakan aman, maka kami akan langsung mengirimnya ke Karimunjawa,” ujarnya.

Pasokan BBM jenis Pertalite dan Solar terakhir ke Karimunjawa menurut Muslim dilakukan pada 13 Desember lalu. Untuk kebutuhan melaut para nelayan di Karimunjawa. Menurut sumber dari nelayan, Santoso sangat mendesak. Meski para nelayan juga tak ada yang berani melaut saat ombak besar, namun butuh kepastian untuk bisa memenuhi kebutuhan BBM kapal.

"Kami tetap menunggu pasokan BBM terlebih dahulu. Dengan cadangan BBM yang ada pun kami tetap tidak berani memaksakan diri untuk melaut. Meski hanya berjarak beberapa mil dari pantai. Sebab ombaknya cukup besar, kami khawatir terjadi apa-apa nanti,” ujar Santoso yang dihubungi melalui selulernya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI