Pastikan Siswa Sehat Saat PTM, SMA Ini Manfaatkan Aplikasi Saat Presensi

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Ada yang berbeda pada hari pertama masuk sekolah di SMA Theresiana Semarang pada Rabu (5/1/2022). Sistem informasi kehadiran siswa sekaligus pelaporan kondisi kesehatan yang dikembangkan oleh prodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata mulai diterapkan. Tujuannya agar siswa dipastikan sehat ketika masuk ke sekolah. Sehingga memberi rasa aman bagi semua siswa dan guru pada saat Pertemuan Tatap Muka (PTM) di masa pandemi.

Selain itu, menurut Kepala Sekolah SMA Theresiana Bernardus Anindyo Windi S SPd, sistem ini juga menjadi alat telusur apabila ditemukan kasus pada saat PTM di sekolah. Hal ini dirasakan penting karena kecepatan telusur di masa pandemi dibutuhkan agar kondisi di sekeliling kita bisa tetap terpantau dan terkendali.

Siswa diminta untuk mengisi jawaban sebelum ke sekolah dan divalidasi oleh petugas pada saat masuk sekolah. Jika kondisi tubuh sedang tidak baik, maka siswa diminta untuk belajar di rumah.

Yang menarik, data setiap harinya dapat menjadi rapor kesehatan di masing-masing gadget pengguna. Menurut Kaprodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang Agus Cahyo Nugroho ST MT, implementasi ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh prodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang. Beberapa sekolah juga sudah menerapkan sistem informasi yang sama untuk presensi, antisipasi, dan penelusuran pelaksanaan PTM di masa pandemi. (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI