Pastikan Warga Aman, TNI Turun Gunung Tangani Bencana

SEMARANG, KRJOGJA.com – Hujan seharian yang terjadi di Kota Semarang sejak Sabtu (5/12/2020) malam hingga Senin (7/12/2020) membuat warga yang menghuni kawasan perbukitan was-was karena potensi bencana longsor.

Kodim 0733 BS Semarang melalui Posko Siaga Bencananya yang ada di tiap-tiap Koramil mulai mengoptimalkan pengamatan dan pendataan potensi kerawanan bencana, selain tanah longsor juga banjir. Danramil 13 Semarang Selatan Mayor Inf Rahmatullah AR membenarkan Posko Siaga Bencana di Koramilnya mulai dioptimalkan fungsi monitoring guna mengantisipasi kerawanan bencana.

“Untuk wilayah Semarang Selatan ada beberapa potensi kerawanan, banjir akibat luapan aliran sungai yang menuju Banjir Kanal timur, juga potensi longsor di pemukiman wilayah perbukitan seperti perbukitan wilayah Mugas, Bergota dan Randusari. Semua sudah kaminpetakan dan antisipasi sedini mungkin. Untuk antisipasi banjir, kami sudah gelar pembersihan saluran-saluran yang mengarah ke perkampungan warga maupun sebaliknya. semua dikerjakan melibatkan masyarakat. Dalam hal ini kamib tekankan agar masyarakat tak buang sampah di sungai atau saluran. Sedangkan antisipasi longsong kami juga imbau agar warga menanami tanaman keras di lereng-lereng yang rawan longsor. Warga juga kami minta rajin patroli atau memantau wilayah yang rawan saat terjadi hujan. Jalur-jalur evakuasi juga harus disiapkan dan perlu adanya tempat penampungan sementara bila terjadi longsor yang menimpa warga,” ungkap Mayor Inf Rahmatullah saat meninjau lokasi rawan longsor, Senin (7/12/2020).

BERITA REKOMENDASI