PDAU Diperkuat Menjadi Perseroan Daerah

Editor: KRjogja/Gus

SALATIGA, KRJOGJA.com– Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Salatiga dalam waktu dekat diubah status hukumnya dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi bentuk Perseroan Daerah, sehingga permodalan selain dari APBD Salatiga juga bisa berasal dari pihak ketiga. Sehingga permodalan di PDAU milik Pemkot Salatiga ini jual saham ke luar tidak harus mengandalkan dana besar dari APBD Salatiga.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Salatiga, Bagas Ariyanto mengatakan saat raperda soal perseroan daerah (Perseroda) sedang digodok di DPRD untuk dijadikan Perda Perseroda di PDAU.

“Dengan status Perseroda, pihak ketiga bisa membeli saham atau menanam saham di Aneka Usaha tersebut sehingga bisa maju dan dikelola dengan manajemen yang profesional. Kami ingin memajukan usaha PDAU, Selama ini terkesan tidak menghasilkan PAD sesuai harapan,” jelas Bagas Ariyanto kepada KRJogja.com, Kamis (18/02/2021).

PDAU Salatiga saat ini mengelola SPBU Tingkir dan usaha kecil lainnya seperti toko. Ke depan dengan perubahan status hukum tersebut bisa menggali potensi usaha yang cukup banyak digali di Salatiga ini. “ Sebenarnya banyak potensi usaha yang bisa dikelola PDAU. Penyertaan modal yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah akan ringan apabila bentuk persero daerah,” tukasnya. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI