PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Yang Pertama

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Ujian Terbuka untuk pertama kalinya dengan promovendus Robiyanto SE MM pada hari Sabtu (16/10/2021).

Ujian Terbuka yang dilakukan secara kombinasi daring dan luring ini, dilaksanakan di gedung Albertus Unika Soegijapranata dan dipimpin sebagai Ketua Sidang adalah Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi serta dihadiri pula oleh Promotor yaitu Prof Dr Andreas Lako SE MSi dan Ko-Promotor Dr Angelina Ika Rahutami SE MSi.

Hadir pula sebagai penguji eksternal Prof Sudharto P Hadi MES PhD (Undip) dan sebagai penguji internal yaitu Prof Dr Ir Yohanes Budi Widianarko MSc dan Dr Tukiman Taruno Sayogo.

Dengan judul disertasi “Konstruksi Model Relasi Kepemimpinan Spiritual dengan Perilaku Peduli Lingkungan dan Kinerja Perusahaan” Dr Robiyanto SE MM telah menyelesaikan studinya dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun 6 bulan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 4,00 atau Cum Laude.

Dr Robiyanto dalam disertasinya menjelaskan pergeseran paradigma telah mendorong kebutuhan adanya kepemimpinan yang lebih menyeluruh dan memadukan aspek kemanusiaan seperti aspek fisik, mental dan emosional serta spiritual.

Seraya menguti pendapat Fry (2003), jenis baru paradigma perusahaan yang berbeda secara radikal daripada model birokrasi yang telah ada menjadi sangat dibutuhkan. Organisasi pembelajaran yang baru ini akan memiliki ciri-ciri pola pikir dan aspirasi bersama yang baru dimana individu diberdayakan untuk mencapai visi organisasi.

“Melalui penelitian yang saya lakukan dalam disertasi ini yang menggunakan metode kuantitatif, disimpulkan hanya kepemimpinan spiritual yang dapat mengintegrasikan keempat aspek yang terdiri dari fisik, mental, emosional dan spiritual.

BERITA REKOMENDASI