Peduli Lingkungan, Indofood Luncurkan Green Warmindo

SEMARANG KRJOGJA.com – Industri Mi Instan terbesar Indonesia, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Mi Instan Cabang Semarang, Kamis (1/11/2018) meluncurkan Program 'Green Warmindo (Warung Makan Indomie) sebagai upaya menanamkan kepedulian terhadap limbah plastik kemasan.

"Program ini menitik beratkan pada edukasi dan pemilahan sampah kemasan plastik pada warung-warung binaan Indofood yang setiap hari menjual produk Indomie untuk kemudian dikumpulkan dan didaur ulang sebagai salah satu bagian dari upaya membangun Circular Economy dari sampah kemasan," ungkap Devi permana, kepala cabang Indofood CBP Divisi Mi Instan Semarang, Kamis (1/11/2018) di Poncowati Room Patrajasa Hotel Semarang, usai melauncing.

Indofood menginisiasi program pemilahan dan pengumpulan sampah kemasan dari Warmindo sejal awal tahun 2018 bersama Yayasan Bintari sebagai fasilitator dan implementator. menurut David, program yang kali pertama diluncurkan di Semarang dengan melibatkan 28 outlet Warmindo di wilayah Kecamatan tembalang Semarang ini merupakan pilot project dan perjalanannya membutuhkan monitoring dan evaluasi.

Yang menggembirakan menurut Devi Permana, adanya dukungan dari para pemilik warung yang ternyata juga telah menanamkan kesadaran peduli lingkungan dengan memilah sampah kemasan. Sampah-sampah kemasan yang dipilah memiliki nilai jual untuk didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat, sehingga hasil penjualan dikembalikan lagi kepada pemilik warung dalam bentuk tabungan yang bermanfaat.

Menurut Devi dari hasil monitoring, selama Juli hingga September 2018 di wilayah Tembalang dari Warmindo menghasilkan 646,7 kg sampah kemasan. Dari jumlah ini menurutnya sangat berarti bila kemudian dilakukan upaya pemanfaatan dari pada sampah tersebut berpotensi mencemari lingkungan karena tidak dikelola. Selain itu dari jumlah tersebut juga mengandung nilai ekonomi yang sangat berarti.

Sementara Didi, salah satu pengusaha Warmindo di Tembalang mengaku sangat mendukung langkah Indofood membuat program Green Warmindo. Karena selain mendidik hidup bersih dan peduli lingkungan, juga mencarikan pemasukan tambahan para pemilik warung. 

Head of Corporate Social Responsibility Indofood, Deni Puspahadi bahkan memaparkan Program Green Warmindo sebentar lagi juga akan merambah ke DI Yogyakarta, dengan sasaran Kota Yogyakarta, terutawa di seputaran kampus. Dipilihnya Yogyakarta, karena populasi Warmindo di Kota Gudeg sekaligus Pelajar tersebut rasionya jauh lebih banyak dan potensi sampah kemasannya pun juga lebih banyak. (Cha)

BERITA REKOMENDASI