Pelihara Kambing Etawa, Upaya Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Menjalankan usaha di masa Pandemi bukanlah hal yajg mudah, kita dituntut untuk mencari formula yang tepat untuk memulihkan perekonomian. Didesa Jungsemi Kecamatan Kangkung satu kelompok warga yahg berangitakan enam orang menvoba beternak Kambing Etawa.

Kepala Desa Jungsemi Dasuki menjelaskan usaha ternak kelompok peternak ini sebagai usaha ujicoba untuk masa Pandemi. Lokaai peternakan sendiri bebarengan dengan obyek wisata desa PantainInadh Kemangi.

Desa mengemasnya dengan wisata pendidikan atay wisata edukasi. Usaha ternak kambing yang dikelola oleh 6 warga sejak setahun lalu ini berkembang dari semula 22 ekor kambing/ sekarang menjadi 28 ekor.

“Ini nerupakan uoaya kami memberikan usaha mepada warga ditengah situasi pandemi seperti sekarang ini, harapanya apabila ada kenajuan dalam usaha peternakan ini kami akan kembangkan dengan membuat kelompok peternak baru secara bergulir,”ujar Dasuki.

Usaha ternak kambing etawa jni mendapatkam perhatian dari Bupati Kendal Dico Ganinduto melalui Baznas Kendal dengan memberikan bantuan berupa alat pencacah rumput.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan bantuan ini merupakan salah satu program untuk pemulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Untuk upaya pemulihan ekonomi tahun depan lebih banyak lagi anggaran yang sudah disiapkan. Tujuannya agar dampak pandemi khususnya terkait lapangan pekerjaan dan kemiskinan bisa dipulihkan lebih cepat lagi.

“Upaya pemulihan perekonomian akan kami lakukan tahun depan seiring dengan turunya kita di PPKM level 1, masyarakat diminta berkreasi dalam usaha agar bisa dijadikan pendapatan ditengah pandemi,”ujar Dico

Sementara itu Kepala Baznas Kendal Samsul Huda merasa bangga karena bantuan kambing pada tahun setahun lalu sudah berkembang biak. Baznas berharap program ini bisa meningkatkan taraf hidup penerima bantuan sehingga dari penerima ini nantinya bisa memberi.

“Bantuan Kambing setahun lalu berkembang, saya banga itu, saya berharap jika saat ini menerima harapannya nantinya akan memberi dan bantuan senoga bermanfaat untuk usaha ditengah kondisi pandemi,”ujar Samsul. (Ung)

BERITA REKOMENDASI