Pembangunan TWSS Bakal Telan Anggaran Rp 100 M

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) bakal menelan anggaran besar kurang lebih Rp 100 miliar. Dana ini akan diupayakan dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga dan bantuan pemerintah pusat khususnya dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) dan Kementrian Pertahanan (Kemenhan). Demikian dijelaskan Sekda Salatiga, Fakruroji menjelang pra launching TWSS Salatiga, Kamis (09/01/2020).

“Untuk menyelesaikan TWSS ini bakal menelan anggaran cukup besar yakni Rp 100 miliar. Dana sebesar ini tidak akan mungkin dicukupi atau dibiayai oleh APBD Salatiga. Kam akan meminta bantuan pemerintah pusat, Provinsi Jawa Tengah dan kerjasama pihak ketiga dan mengandalkan tokoh Salatiga yang berada di Jakarta yang memang memiliki jaringan kuat dalam mewujudukan TWSS ini,” tandas Fakruroji.

Sekda mengungkapkan pembangunan TWSS ini diprakarsasi oleh Kemenhan melalui Sekjen Kemenhan Agus Setiaji yang juga warga asli Salatiga dan didukung oleh warga Salatiga yang ada di Jakarta (Pawarsa). Salatiga dikenal memiliki sejarah kepahlawan dengan tiga pahlawanan nasional, dari tiga angkatan yakni TNI Angkatan Laut (Yos Sudarso), TNI Angkatan Udara (LMU Adi Sucipto) dan Angkatan Darat adalah Brigjen Soediarto.

“Pra launching TWSS ini akan diresmikan dan dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) dan Menteri Pariwisata di wilayah Kelurahan Bugel, Kota Salatiga pada 15 Januari 2020 nanti.Kami berharap banyak investor di Jakarta berkenan untuk menanamkan uangnya di TWSS ini melalui jaringan para tokoh Salatiga di Jakarta. Lahan sudah kami siapkan seluas 4 hektare,” ujarnya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI