Pembebasan Tanah Pintu Tol Pattimura Salatiga Tuntas

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Proses pembebasan tanah milik warga untuk pintu tol Patimura Salatiga selesai dan tuntas menyusul dibayarnya uang ganti rugi tanah pembangunan jalan masuk dan keluar di wilayah Kelurahan Bugel Kecamatan Sidorejo. Pembayaran uang ganti rugi diserahkan oleh Sekretaris Daerah Salatiga, Fakruroji kepada perwakilan pemilik hak tanah di Pendapa Pakuwon, Kompleks Kantor Walikota Salatiga.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Salatiga, Sumarma sebagai pejabat yang ditunjuk terkait pertanahan mengatakan, pelepasan hak atas tanah ini saya saksikan secara langsung selaku Pejabat PBN. “Saya bangga dengan pemilik tanah karena dalam proses lancar dan menerima harga yang ditaksir appraisal,” katanya.

Seorang pemilik tanah Ariyanto Halim (58) yang tanahnya terkena proyek pintu tol Patimura Salatiga, mengaku rela dan ikhlas demi kepentingan umum dan masyarakat sehingga tak mempersoalkan harga ganti ruginya.

“Untuk hajat umum dan orang banyak, utamanya untuk menghidupkan Kota Salatiga. Saya dan keluarga tidak ada masalah dengan pelepasan tanah kami dan ikhlas demi pembangunan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan uang melalui rekening Bank Jateng yang langsung ditransfer kepada pemilik tanah usai penandatanganan pelepasan hak. Jumlah uang ganti rugi yang terendah Rp 2.921.678 dengan luas tanah hanya 3 meter persegi dan tertinggi Rp 428.922.243 dengan luas tanah 178 meter persegi. (Sus)

BERITA REKOMENDASI