Pemkab Data Industri Kreatif

Editor: Ivan Aditya

BLORA, KRJOGJA.com – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora salah satunya ditupang dari sektor industri kreatif dan usaha kecil menengah (UKM). Untuk mengetahui perkembangan industri kreatif tersebut, pemkab setempat tengah melakukan identifikasi dan pendataan.

“Saat ini kita tengah melakukan pendataan. Setelah itu kita dorong agar lebih maju. Jika perlu mereka diberikan pendampingan atau pelatihan,” ujar Wabup Blora H Arief Rohman MSi saat berkunjung salah satu pelaku industri kreatif di Desa Botoreco Kecamatan Kunduran, Rabu (17/01/2018).

Didampingi Kades Botoreco, Mulyadi, Wabup mendatangi rumah Soim (36), salah satu pelaku industri kreatif yang menghasilkan kerajinan pahatan hiasan dinding dari bahan baku bonggol pohon bambu. Bonggol pohon bambu tersebut dibuat hiasan berbentuk wajah orang primitif. “Saya baru menggelut kerajinan ini empat bulan lalu. Hanya imajinasi dan secara otodidak. Hasilnya banyak dimninati pemerhati seni,” kata Soim kepada Wabup.

Cara membuatnya dilakukan tanpa konsep. Ia memahat bonggol bambu yang diperoleh dari ladang tersebut dengan tanpa menghilangkan akar bambu. “Awalnya saya sedang mencari rumput, kemudian melihat ada bonggol bambu yang bentuknya bagus. Saya putuskan untuk mengambilnya dan mencoba dipahat menjadi bentuk wajah orang primitif. Hasilnya lumayan bagus dan diminati orang,” ujar Soim.

Hanya saja, pemasaran hiasan dinding tersebut pemasarannya masih di tingkat lokal sekitar Blora. Dalam sehari ia bisa membuat 4 patung pahatan bonggol bambu. Harga jualnya rata-rata Rp 100 ribu perpatung.

Dalam kesempatan itu, Wabup memberikan arahan kepada Soim agar terus mengembangkan usaha kreatifnya itu. Menurut Wabup, hasil pahatan Soim cukup bagus. Bonggol bambu yang selama ini banyak dimanfaatkan untuk membuat kentongan dan patung bebek, ternyata bisa dibuat bentuk lain yang tidak kalah artistik.

“Setelah diplitur, patung wajah orang primitif yang dibuat Soim cukup bagus. Saya sempat membeli lima patung,” tambah Wabup. (Tas)

BERITA REKOMENDASI