Pemprop Jateng – Balai Bahasa Gelar Pra Kongres

SEMARANG (KRjogja.com)- Pemprop Jateng bekerjasama dengan Balai Bahasa Jateng Jumat (12/8) menggelar Sarasehan Bahasa dan Sastra Jawa pra Kongres Bahasa Jawa VI di Yogyakarta 8-12 November 2016 mendatang. Sejumlah nara sumber hadir di antaranya Kepala Balai Bahasa Pardi Suratno, Prof Soetomo WE, Ka Biro Bina Mental Setda Jateng Samsudin, dan dosen Unnes Prof Teguh Supriyanto.

Pra Kongres dihadiri utusan dari berbagai wilayah di Jateng seperti karisedan Pati, Surakarta, Kedu, Banyumas, Semarang dan Pekalongan Tegal. Mereka banyak mengajukan masukan untuk dibawa ke Kongres yang intinya perlu perhatian serius terhadap nasib bahasa Jawa, baik di ranah dunia pendidikan maupun di kebijakan pemda.

"Ada usulan yang bagus agar pembelajaran bahasa Jawa bisa mandiri, bukan sekedar muatan lokal seperti saat ini. Juga perlunya dipersiapkan guru-guru bahasa Jawa dengan baik untuk pengajar bahasa Jawa di SD sampai SMA di wilayah Jateng. Ini juga akan kita bawa ke Kongres nantinya. Perlu penguatan karakter bangsa lewat pengajaran bahasa daerah, bahasa Jawa misalnya. Perlu kita teguhkan kembali bahasa Jawa dan budaya Jawa sebagai cara yang penting meningkatkan pendidikan karakter anak bangsa" ujar Kapala balai Bahasa Jateng Pardi. (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI