Penambangan Galian C Banyak Keluar Koordinat

KENDAL, KRJOGJA.com – Puluhan Perusahaan Penambang ada di beberapa lokasi di kabupaten Kendal. Ada yang berijin namun juga ada yang tidak berijin, yang berijinpun ada yang melakukan aktifitas penambang ilegal karena banyak diantara perusahaan penambang tersebut melakukan aktifitas penambangn namun jika di lakukan pengecekan titik koordinat tidak masuk atau keluar dari titik yang ditentukan. 

"Jika aktifitas penambangan dilakukan diluar titik koordinat yang ditentukan itu bisa dikatakan ilegal mesi perusahaan sudah mengantongi ijin,"ujar Joko Wiyanto kasi Geologi Mineral dan Batu Bara ESDM jawa Tengah Senin (22/7).

Joko mengatakan hal tersebut saat meninjau lokasi penambangan di Desa Pagergunung Kecamatan Pageruyung. Banyak penambang yang keluar dari titik koordinat karena kekurangtauan dari penambang dalam mambaca peta. 

Toni salah seorang pengawas penambangan mengaku tidak mengetahui pasti wilayah yang boleh ditambang dan tidak. Dirinya mengawasi tanah penambangan seluar 5 heltar namun titik pastinya tidak diketahui sehingga asal menambang sehingga dirinya mendapat teguran dari pihak terkait. "Saya mengawasi lahan seluar 5 heltar namun titik koordinatnya tidak saya ketahui dan ternyata benar kalau sudah keluar dari titi koordinatnya,"ujar Toni.

Saat ini perusahaan tambang yang diawasinya sedang diperiksa pihak kepolisian dan juga ESDM karena menyalahi aturan ersebut meski perusahaanya sudah megantongi ijin."Jika harus diperiksa saya meminta semuanya diperiksa karena secara umum kami tidak mengetahui pasti titik koordinat yang ditentukan,"lanjutnya. (Ung)

BERITA REKOMENDASI