Pencari Rumput Tewas Dikeroyok 30 ‘Tawon Ndas’

Editor: KRjogja/Gus

PEMALANG, KRJOGJA.com – Seorang warga Kabupaten Tegal bernama Tarmin (61), diketahui tewas setelah diserang puluhan tawon vespa (vespa affinis) atau orang Jawa menyebutnya tawon ‘ndhas’ saat mencari rumput di Dusun Krasak Kelurahan Sugihwaras Pemalang, Sabtu petang (23/1). Jenazah korban sudan dibawa pulang pihak keluarganya dan dimakamkan, Minggu (24/1).

Tawon jenis ini sangat berbahaya dan sengatannya bisa mematikan dalam waktu singkat, terlebih jika tawon ini menyerang secara bergerombol.

Menurut Babinkantibmas Sugihwaras Polsek Pemalang, Aiptu Fahrudin Ali Ahmad, korban merupakan warga Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja Tegal. “Saat kejadian, korban sendirian mencari rumput di semak-semak lahan dan tidak mengetahui adanya sarang tawon vespa,” ujar Fahrudin.

Korban sempat berteriak minta tolong saat puluhan tawon menyerang. Mendengar teriakan itu beberapa warga berusaha menolong korban dengan menggunakan pelindung jas hujan. Namun, nyawa korban tidak terselamatkan sebelum dilarikan ke rumah sakit.

“Dari pemeriksaan tim medis, ada 30 ekor tawon yang menyengat di sekujur tubuh korban,” kata Fahrudin.

Sebagai antisipasi, pihaknya meminta masyarakat agar segera melapor ke pihak desa atau Damkar jika melihat sarang tawon ‘ndhas’. Dengan begitu pemberantasan sarang tawon tersebut bisa segera dilakukan. “Jangan sampai ada korban lagi akibat disengat tawon vespa,” tegas Fahrudn. (Ryd)

BERITA REKOMENDASI