Pencetakan E-KTP bisa di Kantor Kecamatan

SEMARANG (Krjogja.com)- Ribuan warga di wilayah Kabupaten Semarang belum ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Ditargetkan September 2016 semua warga sudah mencetak KTP Elektronik. Pemerintah Kabupaten Semarang meningkatkan pelayanan dengan melayani pencetakan KTP-EI ini di kecamatan, terutama di wilayah perbatasan dengan Kota Salatiga.

Peluncuran program ini dilakukan oleh Dirjen Pendaftaran Direktur Pendaftaran Penduduk, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Drajat Wisnu Setiawan di Kantor Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Selasa (02/08/2016).

Dari data di Pemkab Kabupaten Semarang, sampai saat ini jumlah penduduk 996.346 orang tersebar di 19 kecamatan dan 95,7 persen yang telah mengurus dan mencetak kartu tanda penduduk secara elektronik (KTP-El). Sedangkan sisanya kurang lebih 4,3 persen atau sebanyak 42.842 orang belum ber KTP elektronik.

Bupati Semarang, Mundjirin mengatakan sisa yang belum mencetak KTP elektronik ini diharapkan diharapkan di tahun ini semua warga di Kabupaten Semarang sudah terlindungi, minimal melalui kepemilikan nomor induk kependudukan (NIK).

"Terobosan untuk mewujudkan program ini kami menempuh dengan pemberian layanan pencetakan KTP-El di kantor kecamatan. Pencetakan dokumen atau personalisasi KTP-El yang selama ini terpusat di Jakarta, lalu baru diserahkan ke Kantor Dispendukcapil 2014 lalu, kini atau mulai Agustus 2016, peroleh layanan yang murah, mudah, dan cepat,” jelas Mundjirin di Kantor Kecamatan Pabelan, Selasa (02/08/2016).

Pemkab Semarang bersama DPRD Kabupaten Semarang pada 28 Maret 2016 telah mengundangkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Semarang Nomor 7 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI