Pendapa Salatiga Dilengkapi Patung Rp 800 Juta dan Joglo Rp 2,547 M

SALATIGA, KRJOGJA.com-  Pendapa yang terkesan mewah telah terbangun dan berdiri di samping Kantor DPRD Salatiga. Pendapa ini dibangun dengan anggaran Rp 4,1 miliar dan dilaksanakan oleh rekanan PT Karya Handayani Sentosa (KHS) Jepara. 

Di depan pendapa ini terdapat patung Bung Karno dengan harga Rp 800 juta. Proyek besar ini ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Salatiga.

"Uang Rp 4,1 miliar hanya seperti itu bangunannya dan hasilnya. Sepertinya tidak sebesar anggarannya,” ujar beberapa warga yang sempat melihat bangunan di Jalan Sukowati 51 Kompleks DPRD Salatiga, Rabu (26/12/2018).

Kepala Dinas DPUPR Salatiga, Agung Hendratmiko dihubungi Krjogja.com menjelaskan, pekerjaan pendapa agung DPRD Salatiga terbagi tiga item, yakni pembangunan pendapa dan joglonya Rp 2,547 miliar sedangkan penunjang lainnya Rp 320 juta.

"Instalasi listrik lampu dan stop kontak Rp 1,4 miliar, patung Bung karno dengan tinggi 3 meter harganya Rp 800 juta berbahan tembaga. Jumlah anggaran yang dihabiskan dalam membangun pendapa di kompleks DPRD Salatiga ini pagunya Rp 4,1 miliar di potong PPN dan PPh menjadi Rp 3,737 miliar dengan luas bangunan 20×10 meter persegi,” jelas Agung Hendratmiko.

Mengenai kayu joglonya berbahan jati super grade A open dimensi Perhutani yang memang harganya mahal mencapai Rp 2,5 miliar dari kayu jati utuh. “Saya juga ikut survei di Kudus, Jepara dan Solo," tandasnya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI