Pendidikan Kimia Besar Kontribusi Pada SDG’s

SEMARANG, KRJOGJA.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar talk show “Chemistry for SDG’s” di kampus setempat, Minggu (26/1). Pembicara Dr Eny Winaryati MPd (dekan FMIPA), Ngadiwiyana Ssi MSi (dosen Kimia Undip), Dr Ir Nurrahman MSi (dosen Teknologi Pangan Unimus) dan Eko Yuliyanto Spd Si MPd (dosen Kimia Lingkungan Unimus).  

Menurut Dr Eny Winaryati, pada program dunia Sustainable Development Goals (SDG’s) khususnya bidang pendidikan bertujuan di antaranya tercapainya pendidikan yang adil dan inklusif serta peningkatan pembelajaran seumur hidup untuk semua.

“Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan SDM penduduk Indonesia, apalagi Indonesia mengalami bonus demografi dimana jumlah penduduk meningkat tajam di tahun 2010 sampai 2030. Pendidikan penting untuk mendongkrak kualitas bangsa dan bila bonus demografi tidak diimbangi kualitas SDM maka negara ini akan mundur” ujar Dr Eny.

Sementara itu Dr Ir Nurrahman menyampaikan pentingnya tercapai ketahanan dan keamanan pangan di SDG’s ini. Karena selain hak tiap individu untuk mendapatkannya, pangan merupakan kebutuhan dasar hidup yang paling mendasar.

“Kebutuhan dasar manusia itu sandang, papan dan pangan, dan di antara ketiganya pangan menduduki yang terpenting. Misal terpaksa, tidak ada papan atau sandang tidak apa apa, tetapi kalaju tidak ada pangan manusia tidak bisa bertahan untuk hidup. Sehingga pembangunan berkelanjutan harus pula memperhatikan soal pangan” tandas Dr Nurrahman. (Sgi)
 

BERITA REKOMENDASI