Pengda IAKMI Jateng 2021-2024 Dilantik, Nakes Perlu Semakin Sinergis

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Propinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (FKM Unimus) melakukan pelantikan pengurus daerah (Pengda) IAKMI Jateng periode 2021-2024 di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Sabtu (18/12/2021).

Pelantikan dilakukan secara luring dan daring ini dihadiri langsung (luring) oleh Sekjen IAKMI Pusat Dr Ede Surya Darmawan SKM MDM dilanjutkan dengan pelantikan IAKMI Cabang Brebes dan Cabang Kudus secara daring. Juga dilanjutkan dengan sarasehan tentang “Sinergi Dan Kolaborasi dalam Membangun Resiliensi Kesehatan di Masa Pandemi Covid 19”.

Kepengurusan IAKMI Penda Jateng 2021-2024 dipimpin Ketua Umum Taufik Kurrachman SKM Mkes (Bapelkes Jateng), Wakil Noor Alis S SKM MKM DrPH (UMS), Sekretaris Umum Sofwan Indarjo SKM Mkes (Unnes), bendahara Mardiana SKM MSi (Unnes) dan Dwi Astuti SKM Mkes (UMS). Juga dilengkapi dengan sejumlah seksi di antaranya Seksi Pengembangan dan Publikasi Dr Sayono SKM Mkes (FKM Unimus), Seksi Advokasi dan Pengabdian Masyarakat Mifbakhuddin SKM Mkes (FKM Unimus).

Pada sambutan usai dilantik, Ketua Umum IAKMI Jateng Taufik Kurrachman SKM Mkes menyampaikan permohonan dukungan dari masyarakat serta para nakes lainnya agar agar IAKMI Jateng bisa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Jateng mengingat pandemi covid-19 belum berakhir. Selain itu perlunya peningkatan SDM para anggota serta pengurus IAKMI
Jateng.

Senada, Kepala Seksi Pengembangan dan Publikasi IAKMI Jateng Dr Sayono SKM MKes menyampaikan apreiasi kepada IAKMI Jateng yang memberi kepercayaan Unimus sebagai tuan rumah pelantikan. Unimus mendukung penuh kegiatan reorganisasi ini.

“Masyarakat secara riil membutuhkn tenaga kesehatan masyarakat, perlu makin sinergi baru untuk menyatukan semua komponen di dalam organisasi kesehatan masyarakat agar lebih fokus pada penyelesaian kesehatan masyarakat. Termasuk pandemi belum berakhir dan ditambah adanya varian baru. Perlu langkah strategis untuk mengatasi pandemi serta penyakit menular dan tidak menular lainnya yang makin kuat di masyarakat (pandemi,endemi, dan penyakit kronis)” ujar Dr Sayono yang juga Dekan FKM Unimus. (sgi)

BERITA REKOMENDASI