Pengunjung Mulai Ramai, Satgas COVID-19 Mulai Tertibkan Mal

SEMARANG KRJOGJA.com – Satuan Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Semarang yang terdisi dari instansi Dinas Perdagangan, Denpom IV/5 Semarang dan terkait, Senin (18/5/2020) melakukan penertiban dan pengaturan penerapan Sosial dan Physical Distancing pada Mal dan Swalayan yang tersebar di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Pravartar mengataka. penertiban dilakukan untuk mengamankan pengunjubg dari resiko tertular atau terjangkiti COVID-19. “Kami prediksi mendekati lebaran. Ini akan terjadi peningkatan angka kunjungan masyarakat untuk belanja kebutuhan lebaran di mal maupun swalayan. Apalagi pembayaran THR bagi pegawai atau pekerja sudah mulai cair, sehingga pasti akan membawa pengaruh pada niatan belanja kebutuhan. Oleh karenanya kita harus atur sedemimian rupa agar pengunjung tetap menggunakan masker, jaga jarak dan terjamin kebersihannya sebelum memasuki mal atau berada di kerumunan,” kata Pravartar.

Mal Ciputra yang berada di pusat Kota Semarang, kawasan Simpanglima jadi tujuan utama peninjauan. Satgas menemukan masih banyak kerumun a terjadi terutama di sekitaran antrian pembayaran di depan kasir. Pravatar dan Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM F Okto Femula SH MSi MHan terpaksa mengingatkan pengunjung tentang aspek pengamanan kesehatan untuk menghindari COVID-19.

Pengunjung yang hendak membayar terlihat antri bergerombol, padahal lantai di depan kasir sudah diberi tanda pembatas physical distancing.

BERITA REKOMENDASI