Pentaskan Tari Kolosal ‘Garuda Krida’, Unnes Terima Penghargaan Leprid

Editor: Agus Sigit

SEMARANG KRJogja.Com – Banyak cara dilakukan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk menggembleng seluruh civitas akademikanya dalam hal penanaman nilai-nilai ideologi Pancasila. Kali ini, Kamis (5/3/2020) pagi, Unnes melalui Pentas Sendra Tari Kolosal menampilkan pesan-pesan ideologis Pancasila melalui tari yang digagas Drs Bintang Hanggoto P MHum berjudul Garuda Krida. Pentas yang ditampilkan bertepatan dengan Dies Natalis Unnes ke-55 inipun langsung diapresiasi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Paulus Pangka SH selaku Direktur Leprid menilai patut mengapresiasi Unnes yang telah mengemas pesan moral kebangsaan melalui Kolaborasi Seni Pertunjukan Tari Krida Sang Garuda dengan properti kain sepanjang 55 meter.

“Setidaknya cara kreatif dan penuh nilai ini bisa menjadi teladan bagi banyak pihak untuk memikirkan nasib bangsa yang sedang terkikis rasa nasionalismenya. Unnes bagi kami tidak hanya sekali dua kali berupaya memberikan kontribusi positif bagi perjalanan bangsa ini. Terbukti sudah ada 17 prestasi yang kami cacat dan semuanya untuk kepentingan bangsa ini. Karena itulah kami kami bisa menyebut Unnes ini sebagai Kampus yang memiliki nilai dan jiwa Nasionalisme tinggi,” papar Paulus Pangka SH.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum membenarkan penilaian Paulus Pangka SH, bahwa pihaknya kini sedang gencar-gencarnya membentuk segenap civika akademika Unmes memilikinintegritas dan nilai nasionalisme. Sehingga dada mereka ada dan tertanam nilai-nilai Pancasila.

“Jangan ada radikalisme, apalagi teorisme. Yang ada adalah nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kejujuran,” tandas Rektor Unnes.

Dewan Pertimbangan Unnes, Prof Dr Ir Sri Puryono yang hadir pun berharap Unnes akan menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, sesuai dengan semangatnya mencetak cendekia yang unggul dan berkarakter. (Cha/Sgi)

BERITA TERKAIT