Penuh Haru, Komandan Puspenerbad Lepas Empat Jenasah Awak MI-17

SEMARANG KRJOGJA.com – Empat jenasah Perwira Pertama (Pama) Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) yang menjadi korban jatuhnya Helikopter TNI AD MI-17 di Kawasan Industri Kendal (KIK), Sabtu (6/6/2020) dimakamkan di pemakaman tempat asal pada Minggu (7/6/2020).

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso langsung memimpin sebagai Inspektur Upacara dalam upacara pelepasan dan pemakaman terhadap keempat prajuritnya. Mereka adalah Kapten CPN I Kadek Udi Suardiasa dimakamkan di Bali, Kapten CPN Fredy dimakamkan di Yogyakarta, Kapten CPN Yulius Hendro dimakamkan di Cirebon dan Letnan Satu CPN Wisnu dimakamkan di TPU bergota II Manyaran Semarang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, empat perwira pertama Penerbad tewas dalam kecelakaan helikopter MI-17 yang jatuh saat latihan terbang di wilayah Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal pada Sabtu (6/6) sekitar pukul 14.25 WIB. Selain 4 tewas, ada 4 awak lainnya mengalami luka berat dan seorang luka ringan. Helikopter angkut tempur buatan Rusia tersebut merupakan alutsista dari Skadron 31/Serbu yang berpangkalan di Semarang. Saat kejadian sedang menjalankan misi latihan terbang rutin yang dipimpin Kapten CPN I Kadek.

Pada Minggu (7/6) dinihari, jenasah Kapten CPN Fredy langsung dibawa ke rumah duka Jalan Kaliurang Km 07 Condong Catur Yogyakarta untuk dimakamkan di tanah kelahirannya. Komandan Puspenerbad Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso memimpin langsung jalannya pemakaman pada Minggu pukul 09.00 WIB setelah melepas jenasah Kapten CPN Yulius ke Cirebon dari Lanumad Ahmad Yani Semarang pada pukul 07.45 WIB. Bintang Dua di Puspenerbad ini pun menyempatkan pulang-pergi Semarang-Yogyakarta dengan menumpang helikopter Bell 412 HA-5180 yang dipiloti Mayor CPN Athens.

BERITA REKOMENDASI