Penyandang Disabilitas Kini Berhak Miliki SIM D

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Bagi penyandang dasabilitas yang biasa mengendarai motor di jalan raya kini bisa bernafas lega. Pasalnya Kepolisi bakan menerbitkan SIM D, yakni surat izin untuk mengemudikan kendaraan roda tiga. Penerbitan SIM khusus ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan MoU antara Polrestabes Semarang dengan pemerintah Kota Semarang di balai kota setempat, Senin(15/03/2021).

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar melalui Wakapolrestabes Semarang AKBP Iga Dwi Perbawa Nugraha mengatakan, penandatangan kesepakatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap penyandang kaum difabel dalam kepemilikan SIM D. “Hari ini kita melakukan pendatanganan nota kesepakatan pembuatan SIM untuk para penyandang disabilitas, antara Polrestabes Kota Semarang bersama dengan Pemkot Semarang,” jelas Iga.

Waka Polrestabes menyinggung kebijaksanan dengan menerbitkan SIM D bagi penyandang disabilitas merupkakan salah satu program kerja 100 hari Kapolri. Ia menyebutkan SIM D untuk para penyandang disabilitas ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia

Walikota Semarang Hendar Prihadi menyampaikan rasa syukur dengan adanya SIM khusus untuk penyandang disabilitas. Hal itu dikarenakan selam ini penyandang sidabilitas sangat ingin memiliki surat izin mengemudi roda tiga dan diperlakukn sama haknya dengan pengendara yang lain.

“SIM D khusus yang dikeluarkan oleh Polri untuk para difabel ini, saya sangat mengapresiasi sekali. Karena hal ini termasuk dalam programnya Kapolri,” ucapnyanya.

Ia mengatkan pemberian SIM D kepada penyandang Disfabilitas ini, sebagai wujud kepedulian Polri dan pemerintah Kota Semarang. Walikota berharap dengan adanya SIM D ini, para penyandang disabilitas yang ada di kota Semarang dapat mengadarai dengan tenang, karena sudah memiliki SIM D ini. (Cry)

BERITA REKOMENDASI