Perayaan Natal, Walikota Jamin Keamanan Salatiga

SALATIGA, KRJOGJA.com – Walikota Salatiga, Yuliyanto menegaskan bahwa pihaknya dan aparat keamanan menjamin Kota Salatiga aman pada Perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019. 

“Saya menjamin Kota Salatiga aman dan mari kita jaga bersama Salatiga sebagai kota tertoleransi nomor 2 di Indonesia ini dengan baik. Saudara kita nasrani akan merayakan Natal,” tandas Yuliyanto kepada wartawan, Selasa (18/12/2018). 

Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya mengatakan menjelang perayaan Natal, pengamanan sejumlah gereja di Salatiga ditingkatkan. Bahkan beberapa hari sebelum pelaksanaan Misa Natal nanti, semua geraja akan dijaga ketat oleh petugas Polres Salatiga. 

Anggota Gegana Brimob Polda Jawa Tengah diterjunkan menyisir sejumlah gereja yang akan digunakan untuk Misa Natal.  Pengamanan natal dan tahun baru 2019, Polres Salatiga mengerahkan petugas gabungan sebanyak 198 personel. Mereka akan diterjunkan untuk mengamankan sebanyak 74 gereja yang ada di Salatiga.  

“Terdapat tiga gereja yang distandbykan petugas kepolisian. Tiga gereja ini jemaatnya banyak. Namun keamanan terhadap gereja-gereja kecil di pinggiran Salatiga juga dipantau dengan patroli saat menggelar kegiatan ibadah,” tandas Kristanto Budi Nursetya kepada KRJogja.com.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga Agung Nugroho mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Salatiga untuk bersama menjaga kenyamanan menjelang perayaaan natal.

"Kami dan FKUB sudah melangkah cipta kondisi keamanan Kota Salatiga yang heterogen ini. Kami imbau masyarakat Salatiga saling menghormati agama dan keyakinan masing-masing,” tandas Agung Nugroho. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI