Percepat Target Vaksin Lansia, Puskesmas Pageruyung Sasar Rumah Ke Rumah

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Herd Imunity bisa tercapai salah satunya dengan capaian vaksin lansia yang mencapai 70 Persen. Saat ini di Kabupaten Kendal untuk Lansia baru menvapai 55 persen. Kepala Puskesmas Pageruyung, Sulasih terjun langsung dari rumah ke rumah. Hal ini dilajukan karena banyak lansia yang enggan mengunjungi gerai vaksin dan tidak ada yang mengantar.

Ketakutan akan vaksin juga salah satu faktor kenapa lansia tidak mau divaksin. Sukasih dengan sabar mendatangi rumah lansia agar mau di vaksin. ‘Kami menerjunkan kima tim untuk mendatangi rumah ke rumah para lansia, untuk yang ketakutan kami memberikan edukasi agar tidak takut dan mau vaksin,” ujar Sulasih.

Target vaksin untuk lansia tiap kali kegiatan adalah 200 orang dan dikalukan dengan mendatangi rumah. “Setelah kami edukasi mereka mau untuk di vaksin, untuk lansia yang tidak bisa datang, mereka senang kami datangi,”lanjutnya.

Medan yang dilalui tidaklah mudah apalagi sudah musim hujan, namun tidak nenyurutkan nilai dan semangat untuk kesehatan masyarakat.

Mbah Slamet lansia warga pageruyung mengakui awalnya takut saat mau vaksin apalagi bagi dirinya yang sudah tidak muda lagi. Banyak cerita miring soal vaksin, nanun setelah di beri penjelasan dirinya tenang dan mau vakain. “Selama ini saya takut vaksin karena banyak cerita yang miring tapi setelah diberi penjelasan saya berani dan tidak takut lagi,”ujar Slamet.

Plt kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Budi Mulyono untuk vaksin lansia pencapaianyabmasih di angka 55 persen. “Kami saat ini sedang melakukan percepatan vaksin lansia agar segera tercapai herd imunity,”ujar Budi. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI