Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Digelar di Bekas LP Gerwani

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Ada yang berbeda dari peringatan kesaktian Pancasila sebelumnya di Kabupaten Kendal. Bupati Dico memilih pelaksanaan peringatan di LP Kelas II A Plantungan yang dulunya adalah tempat tahanan politik dan Gerwani. Maksud dan tujuan acara tersebut adalah untuk mengingatkan masyarakat luas bahwa di Kendal ada lokasi yang bersejarah berkaitan dengan peristiwa masa lalu hingga saat ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

“Momentum ini merupakan pengingat kita adanya sejarah yang berkaitan dengan kesaktian Pancasila, di lokasi yang saat ini merupakan Lembaga Pemasyarakatan dulunya adalah tempat ditahan para Gerwani dan juga para tahanan politik dan sempat juga dijadikan rumah sakit kala itu, bangunan banyak yang sudah hanyut terseret arus sungai,” ujar Bupati Dico.

Selain Forkompimda dan beberapa kepala OPD, upacara juga diikuti warga binaan lapas. “Dengan kita berada di sini maka sejarah panjang bisa dirasakan bagaima kondisi saat itu, dengan menyaksikan bangunan yang masih tersisa,” lanjutnya.

Tunjung (75) tokoh masyarakat yang juga pelaku sejarah mengaku jika kompleks LP Plantungan pernah menjadi sebuah rumah sakit. “Karena banyak penghuni lapas yang pintar dan beberapa ada yang dokter akhirnya tempat ini dijadikan rumah sakit dan banyak pasien yang dirawat,” ujar Tunjung.

Tunjung bercerita, Gerwani banyak yang ditahan di LP Plantungan dan diantara mereka banyak dari berbagai profesi. (Ung)

BERITA REKOMENDASI