Perjuangan Keras Warga Mangunharjo, Kasus Covid Kini ‘Zero’

SEMARANG, KRJOGJA.com – Saat-saat genting dimana kasus Covid-19 meningkat menerpa warga RW 05 Kelurahan Mangunharjo Semarang kini akhirnya terlewati. Tak tanggung-tanggung, mulai bulan Juni hingga Juli angka warga yang terpapar mencapai 170 orang.

“Ini hanya di lingkungan RW 05 saja. Ini sangat tinggi untuk ukuran RW di Kota Semarang. Dari jumlah tersebut ada 9 warga yang meninggal karena Covid-19. Kondisi demikian memuat sebagian warga was-was, panik bahkan nyaris putus asa,” ungkap Suwarno Ketua RW 05 Kelurahan Mangunharjo, Tembalang Semarang, Senin (20/9/2021).

Dalam kondisi demikian, para pemuda Karang Taruna justru aktif menjadi relawan-relawan yang mensupport kelembagaan. Suwarno sebagai Ketua RW merasa terbantu dalam mengatasi persoalan warga terkait dengan Covid-19. Lembaga RW sepakat melockdown lingkungan untuk menghindari penyebaran. Akhirnya Program Jogo Tonggo diaktifkan, baik membantu warga yang terpapar maupun yang terdampak lainnya.

“Mereka yang terpapar kami himbau untuk tenang dan istirahat di rumah. Sementara obat-obatan dak keperluan penyembuhan disupport pemerintah melalui Puskesmas Kedungmundu. Satgas Jogo Tonggo rutin melalukan pemantauan dan patroli kampung. Saat itu hampir tak ada kegiatan yang melibatkan banyak warga, apalagi berkerumun. Semua di rumah, hanya aparat RT, RW dan remaja yang aktif bertugas ngurus warga. Hasilnya Alhamdulillah sampai sekarang sudah nol,” kata Suwarno.

BERITA REKOMENDASI