Perkuat MBKM, FE-FT Unimus Kerjasama Dengan Perhimpunan BMT se-Indonesia

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com- Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr Masrukhi MPd dan Ketua Umum Perhimpunan Baitul Mal Wattamwil (PBMT) Indonesia Dra Mursida Rambe melakukan penandatanganan MOU di kampus terpadu Unimus, Kedungmundu, Kamis (23/9/2021).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan MOA antara Dekan Fakultas Teknik Unimus Dr RM Bagus Irawan ST MSi IPP dan Dekan Fakultas Ekonomi Unimus Dr Haerudin MT MM dengan para Direktur/Manajer BMT se-Indonesia. Acara digelar secara luring terbatas dan secara daring se-Indonesia melaui zoom dan siaran langsung YouTube yang diikuti banyak BMT se-Indonesia dan sejumlah perguruan tinggi nasional serta beberapa dari perguruan tinggi Malaysia.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd menyatakan kerjasama Unimus dengan PBMT Indonesia dilakukan untuk memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Lewat kerjasama tersebut, para mahasiswa Unimus bisa melakukan magang, riset dan kegiatan lain pengayaan diri mahasiswa di BMT yang ada di Indonesia.

“Kerjasama bisa dilakukan di banyak hal, termasuk riset bersama, manager/Direktur BMT memberi kuliah di Unimus dan masih banyak hal positif yang bisa dilakukan lewat kerjasama ini. Tujuan utamanya mahasiswa bisa mendapatkan banyak ilmu tentang ekonomi mikro, perbankan, dan hal hal terkait BMT” ujar Rektor.

Sedangkan Ketua Umum PBMT Indonesia Dra Mursida Rambe menyampaikan di Indonesia ada 5.000 BMT dan yang secara resmi ikut Perhimpunan BMT tidak kurang dari 322 yang tersebar di 13 Propinsi di Indonesia.

“Terkait MBKM, tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri tetapi harus kolaborasi antara kampus dan undustri atau dunia kerja. Sebagai lembaga keuangan mikro syariah kami senang bekerjasama dengan kampus dan berharap bisa terus dikembangkan kerjasama ini” ujar Mursida Rambe. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI