Perlu Kembali Ke National Character Untuk Keutuhan Bangsa

SEMARANG,KRJOGJA.com- Aliansi Kebangsaan Indonesia bekerjasama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Undip menggelar "Diskusi Serial dan Focus Group Discussion Mengukuhkan Kebangsaan Yang Berperadaban Menuju Cita-cita Nasional Dengan Paradigma Pancasila"  di kampus Undip, Rabu (23/10/2019). 

Diskusi yang dibuka Ketua FRI yang juga Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum dan Ketua Aliansi Kebangsaan yang juga Ketua Umum FKKPI Pontjo Sutowo ini menampilkan pembicara di antaranya Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum (Rektor UNS), Garin Nugroho (sineas), Era Soekamto (desainer) dan Yudi Latif PhD (cendekiawan).

Pontjo Sutowo pada pidato pengantar diskusi menyatakan bangsa Indonesia yang dulu dikenal memiliki karakter kebangsaan yang kuat saat ini mengalami kemunduran budaya dan karakter. Disinyalir karakter bangsa ini mengalami krisis sehingga seluruh elemen bangsa terutama kaum intelektual menjadi pelopor gerakan kebangsaan untuk mengembalikan nation character tersebut.

Pada paparannya, Garin Nugroho memberi contoh negara Jepang yang secara baik bisa merawat gaya hidup dan budaya (pangan dan pengetahuan) untuk bisa menjadi negara maju.

Indonesia seharusnya bisa juga melakukan hal serupa untuk merawat keindonesiaan. Karena sejak dulu orang Indonesia sangat toleran, senang gotong royong dan sejumlah nilai luhur lainnya yang dimiliki. Namun sayangnya nilai nilai ini semakin luntur di Indonesia sehingga perlu kembali digalakkan. (sgi) 
 

BERITA REKOMENDASI