Peroleh Akreditasi Unggul, Prodi Arsitektur Unika Bidik Akreditasi Internasional Korea

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com – Program Studi (prodi) Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang meraih akreditasi BAN PT dengan nilai tertinggi (Unggul).

Hasil tersebut disampaikan oleh Dekan FAD Unika B.Tyas Susanti MA PhD, Kepala Program Studi Arsitektur Christian Moniaga ST MArs, Ratih Dian Saraswati, ST, M.Eng (Gugus Pengendali Mutu prodi Arsitektur) dan Ir IM Tri Hesti Mulyani MT (sebagai Lembaga Penjamin Mutu prodi Arsitektur) kepada pers di kampus setempat, Kamis (21/4/2022). Hadir pula Ir Etty Endang Listiati MT (tim redaksional borang prodi Arsitektur) dan Dr Ir VG Sri Rejeki MT (Wakil Dekan Bidang SDM dan Sarana Prasarana FAD Unika).

“Kami di FAD memiliki 4 prodi yaitu S1 Arsitektur, S1 Desain dan Komunikasi Visual (DKV), S2 Magister Arsitektur, dan S3 Arsitektur. Berkat kerja keras tim 10 orang didukung semua dosen dan tendik prodi Arsitektur dan FAD serta dukungan semua stakeholder maka kami bersyukur akhirnya kerja keras ini membuahkan hasil terakreditasinya Prodi S1 Arsitektur dengan nilai (hasil Unggul)” ujar Dekan.

Menurut Dekan, akreditasi unggul (model terbaru Akreditasi dari BAN- PT) yang diraih prodi Arsitektur merupakan pertama diraih sebuah prodi di Unika. Prodi-prodi lainnya kebanyakan masih menggunakan sistem lama dengan nilai akreditasi A atau B dan semua prodi lainnya sekarang juga sedang berproses menuju akreditasi model baru ataupun menempuh konversi dari sistem lama ke sistem baru. Untuk tingkat perguruan tinggi swasta (PTS) di Jateng, capaian akreditasi Unggul prodi arsitektur Unika merupakan PTS kedua atau ketiga yang prodi Arsitekturnya terakreditasi Unggul.

Kaprodi S1 Arsitektur Christian Moniaga ST MArs menyampaikan sistem akreditasi yang baru (sesuai peraturan menteri terbaru) hasilnya diukur dengan nilai Baik, Baik Sekali, dan tertinggi Unggul. Sedang akreditasi model lama dengan nilai C, B, dan tertinggi A. Dari segi tingkat kesulitan, model akreditasi terbaru relatif lebih sulit karena standar nilai yang dipakai dalam borang borang akreditasi relatif lebih tinggi dibanding model lama

“Akreditasi Unggul bagi kami sebagai hal penting untuk legitimasi publik mahasiswa, calon mahasiswa dan masyarakat luas kalau Prodi Arsitektur layak sebagai tempat studi. Akreditasi juga tidak hanya bukti legitimasi saja karena bagi lulusan ini penting untuk mendaftar PNS, BUMN dan melanjutkan studi yang sering mensyaratkan nilai tertentu akreditasi prodi dari lulusan pencari kerja atau perguruan tinggi yang didaftari oleh lulusan.

“Selanjutnya kami segera meningkatkan diri dengan membidik akreditasi internasional dari KAB atau Korea Akreditation Board. KAB sangat dikenal di kancah dunia arsitektur Indonesia yang tergabung dengan Atari (Asosiasi Teknik Arsitektur Indonesia). ITB sebagai salah satu perguruan tinggi Indonesia yang memiliki akreditasi KAB sehingga Arsitektur Unika juga ingin ke arah itu, terlebih Arsitektur Unika menjalin hubungan erat selama ini dengan Arsitektur ITB” tandas Kaprodi. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI