Persiapan Mudik, Jalan Tol Bawen-Salatiga Disurvei

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRjogja.com) – Petugas lintas sektoral terdiri PT Trans Marga Jateng (TMJ), Satlantas Polres Salatiga, Satlantas Polres Semarang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, dan Dishub Kabupaten Semarang melakukan survei jalan tol Semarang Solo seksi III Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer.

Rest area di sepanjang seksi III ini dicek bentuk fisik peristirahatan yang bakal disediakan bagi pemudik lebaran baik saat mudik maupun balik lebaran 2017. Rest area yang dicek petugas, di titik km 49 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.

“Rest area sudah 70 persen selesai dan kami fungsikan sementara waktu sesuai pengfungsian ruas Bawen-Salatiga sebagai lokasi istirahat pemudik. Fasilitas umum juga sedang kami siapkan di rest area ini,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT TMJ, Ali Zainal Abidin kepada wartawan, Senin (05/06/2017).

Berkaitan dengan keperluan pasokan bahan bakar minyak (BBM), maupun sarana sanitasi, pihak PT Pertamina telah melakukan survei dan direncanakan akan memasang stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) portable.
Rest area sementara  di ruas tol Bawen-Salatiga.

Disediakan sekitar lima toilet wanita, tiga toilet pria, dan beberapa urinoir. Lalu tersedia pula lokasi untuk masyarakat sekitar untuk mendirikan warung non permanen. Dari sisi luasan lahan, setidaknya rest area tersebut dapat menampung sekitar 150 kendaraan.

Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Tri Wahyuningsih mengatakan bila tidak ada perubahan, rest area di wilayah Pabelan Kabupaten Semarang ini akan difungsikan pada 15 Juni 2017 mendatang. “Kami akan selalu berkoordinasi secara lintas sektoral dalam memperlancar arus mudik maupun balik Lebaran 2017. Patroli bersama Satlantas Polres Semarang di sepanjang ruas tol 17,6 kilometer tersebut ditingkatkan,” tandasnya. (Sus)

BERITA REKOMENDASI