Pertamina Jaga Stok BBM Dan Elpiji

SEMARANG (KRjogja.com) – Menghadapi liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV pastikan stok BBM dan LPG di Jateng dan DIY aman. Pertamina telah menyiapkan stok tambahan yang bervariasi di tiap-tiap daerah dengan rata-rata kenaikan 11 % untuk produk BBM dan LPG. 

General Manager Pertamina MOR IV, Kusnandar, Jumat (16/12/2016) menyampaikan kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada Natal dan Tahun Baru merupakan hal lumrah. Kenaikan diperkirakan terjadi pada 10 hari sebelum dan sesudah Natal. Untuk produk Premium, Pertamina telah menyiapkan stok hingga 3.537 KL/hari atau meningkat sebesar 10 % dari rata-rata harian normal. 

"Pertamax dan Pertalite sebagai Bahan Bakar Khusus (BBK) unggulan Pertamina juga telah disiapkan antisipasi kenaikannya hingga 30 % dengan rata-rata konsumsi harian 2.950 KL dan 5.373 KL," kata Kusnandar.

Menurut Kusnandar kenaikan juga dilakukan untuk produk lainnya seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.  Untuk BBM subsidi atau yang lazim disebut Public Service Obligation (PSO) seperti Solar diantisipasi mengalami peningkatan yang relatif lebih sedikit yakni sebesar 5 % dengan rata-rata harian konsumsi 4.943 KL jika dibandingkan dengan konsumsi normal. 

"Tidak jauh berbeda dengan produk BBM, Pertamina juga telah menyiapakan antisipasi kenaikan konsumsi produk LPG baik PSO maupun Non-PSO dengan peningkatan rata-rata sebesar 11 persen.
Untuk produk PSO peningkatan diantisipasi hingga 3.502 MT/hari jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal sebesar 3.221 MT/hari. Sedangkan untuk LPG Non-PSO rata-rata konsumsi harian diantisipasi hingga 281 MT/hari." (Cha) 

BERITA REKOMENDASI