Pesan Veteran RI: Pancasila Harus Dipertahankan!

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJOGJA.Com – Nilai yang terkadung di setiap butir Pancasila harus tetap dipertahankan sebagai landasan filosofi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Markas Daerah (Kamada) Legiun Veteran RI (LVRI) Jawa Tengah, Kol Purn H M Amin Munadjat MSi dalam wawancara dengan wartawan usai peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2020 di Semarang, Senin (10/8/2020).

Pancasila menurut Amin Munadjad telah terbukti menyatukan berbagai elemen yang berbeda dalam ikatan Bhinneka Tunggal Ika.
“Semua suku, agama dan hal lain yang beda di Indonesia ini pada kenyataannya mampu disatukan dalam ikatan Pancasila. Oleh karena itu Pancasila harusnya tidak saja dihafalkan, melainkan dihayati dan diamalkan sebagai pandangan hidup bangsa. Kalau ada yang salah dalam hal penerapan, maka perlu dikembalikan pada tata nilai yang benar, bukan lantas yang diutak-utik Pancasila-nya. Kalau yang salah manusianya, maka yang harus diluruskan adalah cara pandangnya, bukan Pancasila-nya, karena itulah maka amalkan Pancasila secara murni dan konsekuen,’ ungkap Kol Purn HM Amin Munadjat MSi.

Veteran RI menurut Amin Munadjat memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menanamkan Jiwa dan Semangat Nilai-nilai Perjuangan 45. Nilai 45 adalah nilai-nilai perjuangan dan kejuangan menyatukan tekad dan semangat menggapai kemerdekaan dan membentuk tatanan negara yang juga dituangkan dalam Pembukaan UUD 1945. Semangat proklamasi juga melandasi nilai-nilai 45 yang harus terus ditanamkan di setiap rakyat Indonesia hingga berganti generasi.

Dalam peringatan Hari Veteran Nasional ini, LVRI bertekad bersama pemerintah dan masyarakat melanjutkan pewarisan Jiwa Semangat Nilai 45 untuk menyukseskan pembangunan nasional di bidang sumber daya manusia.

Peringatan ditandai dengan ziarah ke TMP Giri Tunggal Semarang dipimpin Kol Purn HM Amin Munadjad, upacara di Macab LVRI Kota Semarang dipimpin oleh Kamacap Letkol Laut (Purn) Soejani di Gedung Juang 45 Semarang dilanjutkan Peringatan HVN dan HUT PIVERI (Persatuan Istri Veteran Indonesia) ke-56 di Mada Jateng, jalan HOS Cokro Aminoto Semarang.

Upacara ziarah ke TMP Giri Tunggal Semarang juga dihadiri prajurit Yonif Raider 400/BR anggota veteran perdamaian tugas operasi Unifil Lebanon.

Dalam acara juga diserahkan paket sembako untuk para veteran dari Indonesia Calya Sigra Family (ICSF) Semarang Raya, Bank Indonesia dan LSM Forum Masyarakat Jawa Tengah. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI