Petugas Puskesmas Telaten Datangi Rumah Lansia Untuk Vaksinasi

Editor: Agus Sigit

KENDAL , KRjogja.com – Atik Handayani bersama tim kesehatan Puskesmas Kangkung 2 mendatangi rumah lansia yang belum sempat ikut vaksin. Banyak faktor yang membuat para lansia dari 7 Desa dibawah binaan puskesma Kangkung 2 tidak mendatangi gerai vaksin ataupun puskesmas.

Atik pimpinan tim Rabu (24/11) mengatakan alasan para lansia tidak mendatangi gerai vaksin karena tidak ada yang mengantar dan juga kebanyakan ketakutan jika mati di vaksin.

“Para lansia tidak ada yang mebgantar meski berani untuk vaksin sementara yang ketakutan juga ada, jadi mereka tidak bisa datang meskipun menerima undangan,”ujar Atik.

Karena kesulitan itu kemudian Anik dan timnya mendatangi rumah ke rumah. Tiap desa ditargetkan 20 lansia yang vaksin, dalam waktu seminggu harus bisa tercapai berkeliling ke 7 desa. Meski sudah ditargetkan lansia yabg didatangi ada beberapa yang gagal karena kondisi kesehatan seperti tensi yang tinggi.”Beberapa lansia gagal kami vaksin karena saat kami datang sedang sakit dan tensi tinggi,”lanjutnya.

Pencapaian vaksin di Kecamatan Kangkung total sudah 85 persen sedangkan untuk lansia baru mencapai 60 persen. Pihaknya berupaya untuk memenuhi 70 persen yang diinginkan.

Seno warga Desa Kadilangu mengaku saat diundang vaksin tidak ada yang mengantar dan dirinya bersyukur jarena didatangi oetugas vajsin. Dia tidak nerasakan apa-apa dan merasa sehat usai di suntik vaksin.

“Saya sehat kemarin tidak bisa datang saat ada unsangn vaksin karena tidak ada yang mengantarkan, kalau ada petugas yang datang saya bersyukur sekali,” ujar Seno. (Ung)

BERITA REKOMENDASI