PIP Semarang Lepas 147 Perwira Siswa Laut

SEMARANG,KRJOGJA.com – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melepas 147 Perwira Siswa (Pasis) hasil Pendidikan Program Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan melalui upacara Bon Voyage di Bumi Singosari, Semarang, Sabtu (14/12/2019)

Upacara dipimpin Direktur PIP Semarang Dr Capt Mashudi Rofik MSc dihadiri seluruh pejabat struktural dan fungsional PIP dan keluarga perwira siswa yang diwisuda. Nampak hadir pula Kepala Bagian Umum Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut.

Direktur PIP Semarang yang bertindak selaku inspektur upacara mengungkapkan lulusan yang baru saja dilepas telah menempuh masa pembinaan mental, moral dan karakter. Lulusan merupakan aset bangsa yang menjadi Perwira Pelayaran Niaga, penerus generasi maritim Indonesia yang profesional.

"Sekarang ini saatnya bangsa dan negara menunggu baktimu untuk berpartisipasi memajukan kejayaan kemaritiman Indonesia dan harapan pemerintah menjadikan negara Indonesia menjadi poros maritim dunia. Saya mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut dengan mengedepankan profesionalisme sesuai kompetensi yang dimiliki lulusan PIP Semarang. Karenanya wisuda Perwira Siswa kali ini bertemakan ‘Lulusan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan dan Taruna-Taruni PIP Semarang  Siap Menjadi SDM yang Unggul Mengabdi bagi Kemajuan Negara’," ujar Direktur PIP Semarang.

Menurut Direktur, tema tersebut sejalan dengan tuntutan standar pelaut yang ditetapkan International Maritime Organization (IMO). Pelaut dunia termasuk dari Indonesia harus mengikuti syarat dan ketentuan Standards of Training Certification and Watchkeeping (STCW) Amandemen 2010. Maka seluruh unit pelaksana teknis di bawah BPSDM Perhubungan yang merupakan pelaksana kebijakan pendidikan dan pelatihan pelayaran niaga harus meningkatkan mutu Diklat Kepelautan agar para pelaut Indonesia dapat bersaing dan lebih unggul dalam era Revolusi Industri 4.0.

Sementara dalam Laporan Pendidikannya, kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo Msi. memaparkan bahwa para Perwira Siswa yang diwisuda Tingkat I Angkatan 13 terdiri dari 17 orang Program Studi (Prodi) Nautika dan 21 orang Prodi Teknika. Tingkat III Angkatan 33 terdiri 35 orang Prodi Teknika. Tingkat IV Angkatan 37 terdiri 14 orang Prodi Teknika dan 34 orang Prodi Nautika. Sedangkan Tingkat V Angkatan 7 terdiri 11 orang Prodi Nautika dan 15 orang Prodi Teknika.  Peserta Program Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan Tingkat I, III, IV dan V PIP Semarang menempuh proses belajar 3 hingga 9 bulan sesuai tingkat dan jurusan. Setelah ditentukan dalam tahapan seleksi masuk, para siswa mengikuti Pekan Orientasi Dasar (POD) dan kelulusan ditentukan pada hasil ujian Diklat dan Keahlian Pelaut. (Cha/Sgi)

BERITA REKOMENDASI