PIP Semarang Wisuda 412 Perwira Transportasi Laut

SEMARANG,KRJOGJA.com- Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan upacara wisuda ke-91 Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV dan Program Pembentukan Diklat Pelaut Tingkat III serta Penutupan Diklat Kompetensi Pelaut Tingkat I, II, dan III sesuai STCW 2010 di kampus setempat, Sabtu (19/9/2020).

Upacara Wisuda yang juga disiarkan melalui daring ini dipimpin oleh Inspektur Upacara Ir Sugihardjo MSi,  Kepala Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub RI. Jumlah wisudawan terdiri 222 Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV, 94 Program Pembentukan Diklat Pelaut Tingkat III, serta Penutupan Diklat Kompetensi Pelaut Tingkat I,II dan III berjumlah 96 Wisudawan.

“Pendidikan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ini salah satu perwujudan usaha pemerintah melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia, khususnya bidang transportasi laut di Indonesia. Pendidikan merupakan investasi terbaik untuk masa depan kita dan di era revolusi industri 4.0 ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul untuk Indonesia maju,” ujar Ir Sugihardjo MSi.

Menurut Ir Sugihardjo MSi, sektor transportasi telah berkembang pesat dan sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu fokus meningkatkan pembangunan infrastruktur demi menciptakan pemerataan ekonomi. Banyak manfaat didapat pada pembangunan di sektor transportasi laut, misalnya pembangunan pelabuhan di daerah-daerah yang akan terbentuk  industri-industri kecil sekitar pelabuhan baru. Dengan kemudahan layanan, penyaluran kebutuhan logistik ke daerah dapat berjalan dengan lancar dan akan berperan penting dalam pembangunan ekonomi di daerah-daerah di wilayah NKRI.

BERITA REKOMENDASI