PKKM Unimus Gelar Pelatihan Penulisan Ilmiah

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA com– Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggaran workshop (pelatihan) melalui daring’ (webinar) tentang Penulisan Artikel Ilmiah bertemakan “Strategi Publikasi Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi Internasional” Selasa (24/8/2021).

Pembicara webinar yang diikuti ratusan peserta (guru, dosen, pakar pendidikan, mahasiswa pascasarjana dan pemerhati masalah pendidikan) dari hampir seluruh wilayah di Indonesia ini menampilkan nara sumber Dr Muji Setiyo ST MT (principal editor of Automotive Experiences Unimma/Scopus) dan Dr Parmin SPd MPd (editor in chief jurnal JPII Unnes/Scopus Q 2).

“Kegiatan ini bagian hibah PKKM yang memiliki target yang harus dipenuhi yaitu 8 IKU (Indikator Kinerja Utama). IKU 1 dan 2 terkait kualitas mahasiswa, IKU 3,4,5 terkait
kualtas dosen dan IKU 6,7,8 terkait kualitas pembelajaran (kurikulum). Ketiganya tidak bisa hanya satu yg dilaksanakan tetapi harus integritas sehingga dihasilkan lulusan seperti yang diharapkan. Bila kualitas lulusan dituntut baik maka kualitas pembelajarannya harus baik dan dosen kualitasnya juga harus baik” ujar Ketua Taskforce PKMM Unimus Dr Eny Winaryati MPd.

Menurut Dr Eny yang juga Dekan FMIPA Unimus ini, kegiatan workshop penulisan ilmiah tersebut terkait dengan IKU 4 kualifikasi dosen terkait dengan rekam jejak penelitiannya yang salah satu luarannya berupa penulisan jurnal ilmiah (artikel ilmiah) nasional atau Internasional yang bereputasi.

“Dua pembicara workshop penulisan jurnal ilmiah ini sangat hebat karena mereka mengelola jurnal bereputasi Internasional (Scopus). Dosen dituntut mampu menerbitkan artikel hasil penelitiannya ke jurnal nasional dan Internasional bereputasi dan kemampuan itu sebagai bagian dari tuntutan pembelajaran abad 21.

Pada webinar tersebut secara detail kedua pembicara menyampaikan trik, ilmu, dan apa saja yang harus dilakukan dosen agar artikel yang dikirimnya segera dimuat oleh jurnal nasional dan internasional bereputasi yang dituju. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI