Plafon Ambrol, Siswa SD 2 Klaling Tetap Belajar di Kelas

Editor: Ivan Aditya

KUDUS, KRJOGJA.com – Kerusakan ruang kelas terjadi di sejumlah sekolah di Kabupaten Kudus. Setelah Sekolah Dasar (SD) 4 Prambatan Kidul dan SD 1 Garung Lor Kecamatan Kaliwungu, SD 1 dan SD 6 Terban Jekulo, kini giliran SD 2 Klaling Kecamatan Jekulo, kondisinya cukup memprihatinkan.

Plafon ruang kelas satu sekolah rusak dan ambrol cukup lebar. Terlihat dua bilah bambu panjang untuk penyangga kerangka atap. Meski begitu kondisinya tetap mengkhawatirkan dan membahayakan, membuat siswa yang belajar di bawah atap plafon menjadi tidak tenang.

Hingga Senin (17/01/2022), ruang kelas tersebut masih digunakan untuk kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Kondisi serupa juga terlihat di ruang kelas empat dan lima, terdapat beberapa plafon jebol. Hanya kondisinya tak separah seperti ruang kelas satu.

Kepala SD 2 Klaling Kecamatan Jekulo Kudus, Kusiyah mengatakan, tak hanya siswa, para guru merasa was-was dengan kondisi ruang kelas saat ini. Apalagi ketika ada hujan, dikhawatirkan atap plafon kelas kembali ambrol.

“Kalau hujan deras kami merasakan takut. Dulu sudah pernah dipindah di halaman masjid. Tapi karena tidak efektif dan setelah ada pembelajaran tatap muka terbatas kami taruh lagi di ruang kelas,” ungkapnya.

Kondisi mengkhawatirkan bukan hanya terjadi di satu lokal kelas saja. Melainkan enam ruang kelas di sekolahya juga sudah ada yang rusak, seperti plafon rusak, dinding dan kusen yang rapuh. Kerusakan seperti ini, sudah terjadi sejak tahun 2018. Dan kondisi kali ini menjadi lebih parah.

Pihak sekolah selama ini, sudah berupaya melakukan perawatan ringan menggunakan dana bos, seperti penggantian plafon hingga perawatan pada genteng- genteng yang pecah. “Bagian teras sudah ada yang kami ganti plafonnya, termasuk genteng yang bocor,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mengajukan proposal untuk perbaikan kepada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus untuk dilakukan perbaikan. Ada tiga kelas yang diusulkan perbaikan, kelas satu, lima, dan kelas enam. Tahun 2019 buat proposal, dan tahun 2020 sudah di verifikasi dan akan diperbaiki tahun 2022 ini.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, Harjuna Widada membenarkan, SD 2 Klaling Jekulo masuk daftar prioritas perbaikan pada tahun anggaran 2022..”Tahun ini ada sekitar 103 SD di Kudus masuk daftar rehab dan perbaikan,” katanya. (Trq)

BERITA REKOMENDASI