PLN Borong Penghargaan ISDA 2019

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG KRJOGJA.com –  PLN kembali berjaya dalam ajang Indonesia Sustainable Development  Goals Award (ISDA) 2019. Tak tanggung-tanggung, kali ini 9 penghargaan sekaligus berhasil diborong PLN dalam ajang bergengsi yang diikut oleh 66  perusahaan, baik BUMN, BUMD,  Swasta Nasional, maupun Perorangan.

 

Salah satu penghargaan yang diterima PLN diantaranya berkat Desa Wisata Lolong di Kabupaten Pekalongan, melalui tema 'Geliat  Ekonomi di Tepian Sungai  Sengkarang'. Tema tersebut bahkan mengantarkan PLN, khususnya PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DIY berhasil menggaet Platinum dalam ISDA  Award  2019 dengan memilih  kategori  SDG’s 8.

Penghargaan Platinum tersebut sekaligus mempertahankan prestasi tahun 2018 lalu, dimana PLN UID Jateng &  DIY mendapatkan  penghargaan  serupa dengan mengikutsertakan  Desa  Wisata  Pandansari, yang  masuk kategori SDG’s 8, yaitu  tentang Pertumbuhan Ekonomi  dan Pekerjaan yang Layak.

Penerimaan penghargaan digelar pada Jumat (6/9/2019) malam, di  Menara Bidakara, Jakarta. Adapun ISDA Award 2019 sendiri merupakan ajang bergengsi yang dihelat oleh Corporate Forum For Community  Development (CFCD), bekerjasama  dengan Kementerian Perencanaan  Pembangunan Nasional (PPN)/  Badan Perencanaan Pembangunan  Nasional (BAPENAS).

CFCD  merupakan forum independen yang menjadi  lwadah  para pegiat CSR dalam memberdayakat kehidupan  masyarakat. Penjurian ISDA Award 2019 mengacu pada standar SNI  ISO 26000.

Penghargaan Platinum yang diraih PLN UID Jawa Tengah dan DIY, diserahkan langsung oleh Ketua Sekretaris SDGs,  Amalia, kepada Manager  Komunikasi PLN UID Jateng dan D.I.Yogyakarta, Haris.

Melalui siaran pers yang dikirim ke wartawan, Sabtu (7/9/2019), Haris mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh institusinya. Menurutnya, Desa Wisata Lolong sengaja diangkat lantaran potensi alamnya yang cukup baik untuk dikembangkan dengan melibatkan masyarakat disekitarnya.

"Lolong Adventure merupakan  kawasan wisata terpadu di tepian  Sungai Sengkarang yang mana  wisata ini menggabungkan  beberapa aspek, diantaranya fokus  peningkatan ekonomi warga,  sarana edukasi dengan sekolah  Sungai Sengkarang, sarana prestasi  dengan pembinan atlet arung  jeram, dan sarana budaya dengan Festival Durian Lolon, sehingga sangat tepat untuk dikompetisikan," ungkap Haris.

Ketua Umum CFCD, Sudarmanto mengatakan, bagi penerima  penghargaan Platinum agar dipertahankan dan ke depannya mampu menciptakan program-program pemberdayaan  baru lainnya.

Sementara itu, dalam ISDA Award  2019 PLN mengikutsertakan  9  program unggulannya, dengan pencapaian 3 trofi Platinum, 5 trofi  Gold dan 1 trofi Silver.

Adapun untuk 3 Trofi Platinum diraih oleh PLN UID Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta (Geliat Ekonomi di Tepian Sungai Sengkarang, kategori SDG’s 8), PLN UID Jawa Timur (Listrik Untuk Sang Naga, kategori SDG’s 10), dan PLN Pusdiklat (Generasi Penerang Bangsa, kategori SDG’s 4).

Selanjutnya, 5 trofi gold diraih oleh PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Program Pengembangan Desa WisataTerong, kategori SDG’s 1), PLN Transmisi Jawa Bagian Tengah (Semangat Belajar Dari Gunung Suling, kategori SDG’s 4), PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar, (Air Bersih Untuk Rappolemba – Gowa, kategori SDG’s 6), PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (Kawasan Wisata Kreatif  Sampah Kebon Lelang, kategori  SDG’s 11) —  9, dan PLN  Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (Menjaga Puspa / Langka di Bumi Raflesia, kategori  SDG’s 15).
Sedangkan 1 trofi Silver diboyong PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, yang mengangkat UKM Astanahilir Mandiri Energi, kategori  SDG’s 7.(Cha)

PLN

BERITA REKOMENDASI