PLN Perkuat Stok Oksigen Perawatan Pasien Covid

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Semakin meningkatnya lonjakan pasien Covid19 di rumah sakit dan memghindari menipisnya ketersediaan oksigen, PT PLN (Persero) kembali melanjutkan penyaluran bantuan 10 ton oksigen ke 4 rumah sakit di Jawa Tengah. Diharapkan bantuan ini bisa membantu rumah sakit dalam penanganan Covid-19.

Bantuan oksigen ini diberikan kepada 4 rumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa sebesar 2 ton, RSUD Tidar Magelang 3 ton, RSUD Temanggung 2 ton, dan RS Pembina Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah Wonosobo 3 ton, Sabtu (17/07/2021).

Dengan tambahan ini, total PLN telah mendistribusikan bantuan oksigen ke 8 rumah sakit di Jateng dan DIY 21,9 ton. Pemberian bantuan ini dihadiri oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum, PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta, Endah Yuliati dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko.

Bantuan oksigen diterima langsung oleh Direktur RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, Dr. Ahmad Muzairi MARS, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Temanggung, Manda Kartiko, DIrektur RSUD Tidar Magelang, dr. Adi Pramono Sp.OG, Kepala Bidang Perawatan RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa Bambang Pujiarto S.kep NS MM di masing-masing rumah sakit.

“Saat ini oksigen merupakan kebutuhan mendesak dan krusial bagi para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien Covid-19. Kami berharap bantuan ini dapat membantu rumah sakit dan tim medis,” tutur General Manager PLN UID Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra yang turut mengawal pemberian bantuan.

Pengisian oksigen di RSUD Tidar Magelang juga disaksikan langsung oleh Walikota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz. Ia menyambut baik bantuan yang diberikan oleh PLN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu menyediakan kebutuhan oksigen di Magelang. Suplai oksigen dari PLN memang kami butuhkan untuk merawat pasien covid-19,” ungkapnya.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Temanggung, Manda Kartiko mengapresiasi bantuan yang diberikan PLN. Apalagi saat ini RSUD Temanggung sedang mengalami kekurangan oksigen. Bahkan pihaknya harus mencari oksigen di luar Jawa Tengah. Saat ini rata-rata kebutuhan oksigen RSUD Temanggung sekitar 1.950-2.200 m3.

“10 hari ini kami sangat kekurangan oksigen cair, bahkan kami harus ke Cilegon dan Surabaya. Terima kasih PLN. Bantuan oksigen ini memang sangat kami butuhkan dan bermanfaat sekali bagi kami dalam menangani pasien,” ujar Manda.

Ke depan, PLN terus berkomitmen menyalurkan bantuan oksigen ke beberapa rumah sakit lainnya di wilayah Jateng dan DIY. Proses pendistribusian oksigen ini akan dilakukan secara bertahap yang diatur oleh Dinas ESDM Jateng. (Cha)

BERITA REKOMENDASI