PLN Realisasikan Listrik Desa Terpencil di Grobogan

GROBOGAN, KRJOGJA.com – PLN Area Demak secara bertahap melakukan pemasangan jaringan listrik di sejumlah desa Kabupaten Grobogan. Di daerah itu masih ada sekitar 27.000 kepala keluarga (KK) yang belum bisa menikmati pelayanan listrik dari PLN. KK sebanyak sebagian besar berlokasi di dusun terpencil dan jauh dari jaringan PLN.

Seperti yang dilakukan di Dusun Ngijo Krasak Desa Mojoagung Kecamatan Karang, mulai Jumat (15/09/2017), PLN Area Demak yang membawai Kabupaten Demak dan Grobogan tengah memasang belasan tiang beton istrik bersama asesosrisnya. 
"Ngijo Krasak merupakan salah satu dusun terpencil di Grobogan. Untuk mengangkut tiang beton sepanjang 12 meter, kami harus menggunakan gerobak karena sulitnya medan menuju dusun tersebut. Mobil crane dan truk yang biasa dipakai untuk mengangkut dan mendirikan tiang tidak bisa masuk karena jalan dan jembatan yang ada cukup sempit. Jadi semua menggunakan peralatan manual dengan menggunakan tenaga manusia," ujar Manajer PLN Area Demak, Mundakir didampingi Koordinator Humas PLN Area Demak Moh Mughofir.

Disebutkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik di dusun tersebut paling tidak membutuhkan 16 tiang beton listrik. Dengan selesainya pembangunan jaringan listrik pedesaan sepanjang 16 gawang tersebut, maka 15 warga setempat dapat terlayani,” tambah Manajer PLN Rayon Purwodadi Kikin Khoiru Rizikin.

Diakuinya, ribuan KK yang belum bisa terlayani listrik PLN tempat tinggal mereka sebagian besar di dusun terpencil dan harus melewati kawasan hutan, sehingga untuk melayani aliran listrik, PLN butuh waktu lama karena harus koordinasi dulu dengan pemkab dan Perhutani. (Tas)

BERITA REKOMENDASI