PLN Siapkan Listrik 40.000 KVA, Semen Grobogan Jadi Pelanggan Tegangan Tinggi

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – PLN mulai melayani kebutuhan listrik PT Semen Grobogan dengan daya 30.000 kVA (kilo Volt Ampere) dan akan bertambah menjadi 40.000 kVA pada Oktober 2021. Hal ini merupakan bukti komitmen PLN untuk memenuhi setiap kebutuhan listrik, khususnya untuk sektor industri yang menggerakan roda perekonomian.

Peresmian penyambungan listrik ini dilakukan secara daring ini diikuti oleh Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN Haryanto WS, Bupati Grobogan Sri Sumarni, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng danDIY, M Irwansyah Putra, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Sumaryadi, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Octavianus Duha, General Manager PLN Pusat Manajemen Proyek, Dahlan Jamaluddin, dan Direktur Produksi PT Semen Grobogan Suparni, Senin (02/08/2021).

“PLN sebagai pemegang amanah penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas, terutama kepada sektor Industri untuk terus dapat berkontribusi menggerakkan perekonomian,” ujar Haryanto.

Untuk melayani PT Semen Grobogan, selain membangun Gardu Induk (GI) Grobogan, PLN juga membangun transmisi dari Purwodadi dan juga dari Mranggen. “Infrastruktur ini nanti yang akan memberikan dukungan keandalan kepada PT Semen Grobogan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Produksi PT Semen Grobogan, Suparni mengapresiasi penyambungan listrik PLN yang akan menyuplai pabriknya tersebut. “Kami menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik dengan PLN dalam situasi yang demikian sulit dengan berbagai hambatan yang ada, alhamdulillah pada tanggal 09 Juli 2021 listrik sudah masuk ke PT Semen Grobogan,” ungkap Suparni.

Hingga 2021, PLN telah mewujudkan dukungan pada industri dengan menyuplai pasokan listrik andal untuk 10 Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) di wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan total daya 429.500 kVA.

Sepanjang Januari-Juni 2021, PLN berhasil menambah 1,65 juta pelanggan baru termasuk dari sektor industri. Capaian ini juga membuat PLN meraih membukukan laba bersih sebesar Rp 6,6 triliun (unaudited) hingga Juni 2021.

Tidak hanya mendorong investasi, PLN memastikan daya listrik mencukupi. Dalam waktu dekat, PLN akan bertambah kapasitas listrik sebesar 4.000 MW pada kelistrikan Jawa Bali.

“Kami sedang membangun pembangkit di Tanjung Jati B di Jepara, insya Allah bulan Januari 2022 akan beroperasi dengan daya 2 x 1000 MW. Kemudian di Batang juga akan beroperasi 2 x 1.000 MW, Ini yang akan memasok langsung listrik di Jawa Tengah,” tambah Haryanto.

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyambut baik kerja sama antara PLN dan PT Semen Grobogan ini. Dirinya berharap akan berpengaruh kepada peningkatan roda perekonomian di Kabupaten Grobogan.

“Dengan akan dimulainya operasi PT Semen Grobogan, diharapkan menciptakan pengaruh terhadap perekonomian nasional maupun Kabupaten Grobogan. Kita harapkan juga menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat sekitar pabrik PT Semen Grobogan,” ujar Sri Sumarni. (Cha)

PLN

BERITA REKOMENDASI