PLN Tak Naikkan Tarif Listrik Bulan Juni

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – PLN akhir-akhir ini sering jadi bahan bullyan dan korban hoax. Terakhir bahkan dikabarkan PLN telah menaikkan tarif listrik sehingga pada bulan Juni ini ada kenaikan atau lonjakan yang membuat kaget pelanggan. Menanggap hoax tersebut PLN memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik dalam perhitungan tagihan rekening listrik bulan Juni 2020.

Adanya lonjakan tagihan listrik, hal itu lebih disebabkan oleh adanya peningkatan penggunaan listrik pada saat pandemi Covid-19. Dimana pada saat itu diberlakukan PSBB, ditambah dengan bertepatan bulan puasa dimana secara statistik terjadi kecenderungan kenaikan pemakaian oleh pelanggan.

Perhitungan tagihan listrik terdiri dari dua komponen utama, yaitu pemakaian yang dikalikan dengan tarif listrik. Sejak tahun 2017 tarif listrik tidak mengalami kenaikan.

“Kami mendengar dan memahami pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan listrik. Namun kami pastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif, tarif listrik tetap sejak 2017. PLN juga tidak memiliki kewenangan untuk menaikan tarif listrik,” tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril kepada KRJOGJA.com, Rabu (10/06/2020).

PLN juga memastikan tidak melakukan subsidi silang dalam pemberian stimulus Covid-19 kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, karena stimulus diberikan oleh Pemerintah. “Stimulus Covid-19 murni pemberian Pemerintah bukan PLN. Dan kami tidak bisa melakukan subsidi silang. Kami juga diawasi oleh Pemerintah, DPR, BPK dan BPKP, sehingga tidak mungkin kami melakukan subsidi silang,” tambah Bob.

BERITA REKOMENDASI