PLN Tak Sembarangan Matikan Listrik, Pasti Ada Sebabnya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kita seringkali merasa kesal pada saat beraktifitas di rumah, tiba-tiba listrik mati atau padam. Apalagi nyalanya butuh waktu panjang. Alamat ridak bisa menanak nasi karena otomatis magigjar juga tak dapat berfungsi.

Umpatan selalu ditujukan kepada PLN. Orang selalu mengaitkan sudah bayar mahal tetapi pelayanan gak maksimal. Listrik masih sering byar pet. Ternyata aliran padam atau mati itu ada sebabnya. Bukan kesengajaan PLN mematikan listrik karena alasan yang mengada-ada.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Donny Adriansyah, Senin (10/12/2018) menjelaskan bahwa pemadaman ada yang dilakukan dengan sengaja dan padam secara otomatis. Pemadaman yang disengaja tidak lain untuk tujuan perawatan jaringan dan prosedurnya sebelum pelaksanaan pemadaman akan dilakukan pemberitahuan kepada konsumen.

"Sementara pemadaman secara otomatis oleh sekering pemutus bisa terjadi karena adanya insiden yang berpotensi membahayakan jaringan," jelas Donny.

Penyebab pada yang sering terjadi menurut Donny antara lain disebabkan adanya hewan seperti ular, tupai, burung, cicak dan lainnya yang menempel di jaringan listrik. Selain hewan ada pula benda-benda yang dapat mengganggu misalnya pohon yang merambati jaringan, ranting atau dahan yang menyentuh jaringan , spanduk dan baliho yang menempel jaringan, juga layang-layang yang menyangkut. 

"Adanya benda-benda yang menyentuh jaringan dan mengakibatkan hubungan arus pendek, langsung ditanggapi secara otomatis oleh sekering pemutus. Pemutusan ini berlangsung otomatis untuk menghindari dampak yang bisa merugikan konsumen," terangnya.

Dengan adanya pemutusan tersebut, petugas akan mudah mencari sumber penyebap putusnya sekering yang menyebabkan aliran padam. Adapun penanganannya menurut Donny Adriansyah ada batas waktu yang tidak cukup berlarut lama. PLN pun juga punya petugas yang memiliki kemampuan mengerjakan jaringan tanpa ada pemutusan aliran (PDKB) atau Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan.

Berkaitan dengan musim penghujan sekarang ini, PT PLN Persero menghimbau agar masyarakat mengawasi lingkungan sekitar jaringan listrik yang ada di sekitar tempat tinggal. Apabila mendapat adanya benda-benda mendekati jaringan. seperti rerimbunan pohon atau bekas layang-layang yang tersangkut, segera saja laporkan ke petugas PLN supaya segera dilakukan upaya pengamanan dengan cara memotong atau menyingkirkannya.

Juga kepada tim sukses caleg maupun capres yang memasang baliho atau spanduk juga jangan sampai memanfaatkan tiang listrik, apalagi sampai menyentuh jaringan.  Resikonya akan tinggi bila terjadi hubungan arus pendek pada saat hujan deras. (Cha)

 

BERITA REKOMENDASI