PM Gelar Operasi, Kodim 0733 BS Nihil Pelanggaran

Editor: Agus Sigit

SEMARANG, KRJogja.Com – Aparat Polisi Militer Denpom IV/5 Semarang pada pelaksanaan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) ‘Waspada Wira Keris’ 2020 di satuan Kodim 0733 BS Semarang, Selasa (25/2/2020) tidak menemukan satupun bentuk pelanggaran anggota TNI AD di satuan teritorial tersebut.

Anggota Polisi Militer yang diterjunkan dan dipimpin Kapten CPM H Munasir mulai memeriksa prajurit Kodim 0733 BS Semarang seusai mereka apel pagi. Kendaraan dinas yang dipakai prajurit pun juga ikut ditata rapi di lapangan berikut penggunanya. Ada sekitar 200 prajurit diperiksa kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya.

Kasdim 0733 BS Semarang Letkol Inf Rafiudin Hanafi ikut serta menyaksikan jalannya Gaktib POM TNI yang menyasar anggotanya.

Dandenpom IV /5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, terpisah menyampaikan tidak ditemukan adanya pelanggaran bagi prajurit Kodim 0733 BS Semarang setelah dilakukan pemeriksaan. “Untuk kelengkapan kendaraan bermotor dinas dan surat-surat sudah lengkap. Demikian juga penggunaan helm standar sudah memenuhi prosedur,” ungkap Dandenpom IV/5 Semarang.

Operasi Gaktib yang menurutnya digelar selama setahun di tahun 2020 ini adalah upaya mendisiplinkan prajurit TNI. “Disiplin artinya bahwa setiap prajurit harus taat, patuh dan tunduk terhadap hukum yang berlaku, baik hukum militer dalam kaitannya pada kedinasan maupun hukum sipil dalam bermasyarakat. Dengan pribadi yang taat, patuh dan tunduk terhadap hukum inilah, prajurit TNI akan bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat,” papar Okto.

Dengan tidak ditemukan pelanggaran, maka asumsinya bahwa kesadaran dan pemahaman prajurit terhadap hukum, disiplin dan ketertiban semakin baik. Selain itu menurut Okto juga menunjukkan
pembinaan dari satuannya berjalan sangat baik.

“Kami berharap kondisi ini juga terjadi di satuan-satuan lain yang akan kami datangi dan periksa,” katannya.

Operasi Gaktib selain digelar mendatangi satuan-satuan TNI dengan melibatkan berbagai unsur dan Provoost Satuan, juga akan menyasar tempat-tempat hiburan malam. Tujuannya untuk menjaring prajurit yang melanggar disiplin di tempat-tempat hiburan terlarang bagi prajurit TNI. (Cha)

 

BERITA TERKAIT