PMB BRIN dan KSP Bekerja Sama dengan Unika Gelar Webinar Religi Papua

Editor: Agus Sigit

Dalam pembangunan nasional, ujar Dra Jaleswari Pramodhawardani M Hum, agama memiliki peran yang sangat penting dan strategis karena agama menjadi landasan spiritual, moral dan etika guna membangun bangsa dalam masyarakat yang berkeadaban. Selain itu, agama juga menjadi kekuatan pendorong bagi bergeraknya program-program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Agama yang hadir bersama dengan sistem kepercayaan lokal merupakan bagian yang melekat pada masyarakat Papua. Pengelompokan agama dijembatani oleh adat, dan dengan kata lain Papua adalah provinsi yang menjunjung tinggi pluralisme, ” terang Dra Jaleswari Pramodhawardani M Hum.

Sebagai salah satu pembicara dalam webinar ini, Drs Albertus Istiarto MA dari PPMTP Unika Soegijapranata yang juga salah satu kolabolator kegiatan webinar ini, juga memaparkan tentang religi asli Papua, melalui aktualisasi religi melalui simbol, ritus dan mitos.

“Akulturasi Katolik di Papua berlanjut kepada inkulturasi di dalam gereja Katolik. Simbol salib digunakan sebagai sarana mendekatkan Roh Tuhan hadir dekat dengan umatNya. Simbol ini diajarkan oleh para misionaris sebagai simbol pengurbanan sekaligus keselamatan yang diberikan kepada manusia beriman oleh Yesus Kristus,” tutur Drs Albertus Istiarto MA. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI