PMI Salatiga ‘Jemput Bola’ Pendonor Darah

SALATIGA, KRJOGJA.com – Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Salatiga melakukan langkah jemput bola kepada pendonor untuk menambah stok darah.

Ketua PMI Salatiga, Muh Haris mengatakan stok darah berbagai golonnan di PMI saat ini sangat menipis karena yang mendonorkan darah menurun drastis menyusul pandemi covid 19 yang membuat rasa takut.

“Stok darah di PMI menipis dan drastis kami saat ini berusahaa untuk jemput bola kepada para pendonor darah dan kepada masyarakat. Langkah ini satu satunya yang bisa kami lakukan untuk menambah stok darah di PMI Salatiga,” ungkap Muh Haris yang juga Wakil Walikota Salatiga kepada KRjogja.com

Menurut Haris langkah ini dilakukan dengan mendatangi komunitas dengan cara protokoler kesehatan covid19 dan berharap pendonor aktif yang datang sendiri ke PMI.

Kepala Markas PMi Salatiga, Sarbini dihubungi KRjogja.com mengatakan stok darah UTD PMI Minggu (10/5) golongan darah A 33 kolve (tipis), B 38 kolve (tipis) golongan darah O 2 kolve (tipis).

“Jumlah stok semuanya 73 kolve. Golongan sarah AB kosong.
Kondisi normal atauaman di Salatiga, stok golongan A 50-75 (kebutuhan per hari 10-15 kantong). Golongan B 50-75 (kebutuhan per hari 10-15 kantong), golongan darah O 75-150 (kebutuhan per hari 15-30 kantong). Sedangkan golongan AB. 10-25 kebutuhan per harir 2-5 kantong. (Sus)

BERITA REKOMENDASI