Pohon Tumbang Dominasi Gangguan Listrik PLN di Kudus

Editor: Ivan Aditya

KUDUS, KRJOGJA.com – PLN (Persero) Kudus terus melakukan pemasangan isolator tekep atau pelindung isolator guna mengatasi gangguan kelistrikan terutama pada sistem saluran utama tegangan menengah (SUTM) 20 Kilo Volt (KV). Asesoris yang terbuat dari bahan keramik tersebut, selain dapat mengurangi gesekan yang mengakibatkan kerusakan tali pengikat kabel isolator, juga mampu mereduksi gangguan listrik padam yang disebabkan hewan liar.

Gangguan listrik juga banyak disebabkan petir, pohon tumbang, serta patahan cabang dan ranting yang menimpa jaringan akibat tiupan angin kencang, terutama saat musim hujan. Selain itu gangguan akibat cuaca ekstrim, pekerjaan bangunan, peralatan jaringan, gardu listrik dan komponen kelistrikan lainnya, serta faktor force major.

“Gangguan paling mendominasi penyebab listrik padam diakibatkan oleh pohon tumbang, serta patahan cabang dan ranting yang mengenai jaringan,” ujar Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kudus, Irfan Affandi kepada KRJOGJA.com, Selasa (09/06/2020).

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar menghindarkan pepohonan dari jaringan. Jarak antara pohon dan jaringan PLN minimal tiga meter, sehingga apabila rimbun pohon terlalu dekat maka harus dilakukan pemotongan dan perambasan. Hanya untuk pemotongan batang dan ranting pohon, harus koordinasi dengan PLN karena kegiatan itu cukup membahayakan.

BERITA REKOMENDASI