Polda Jateng Dan Perhutani Kerjasama Cegah Kebakaran Hutan

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Gangguan keamanan hutan yang disebabkan ulah manusia dalam dua tahun terakhir ini mengalami penurunan yang signifikan. Sebaliknya gangguan terbesar justru dari daya alam, seperti angin, bencana alam dan lain-lain.

Hal itu diungkapkan Kepala Perum Perhutani Jawa Tengah Endung Trihartaka pada rapat koordinasi Polda Jateng dan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah,Rabu(5/8) di Gedung Borobudur Polda Jateng.

Rapat koordinasi dan penandatangan Keputusan Bersama terkait pengamanan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghadapi musim kemarau tahun 2020 di wilayah Jawa Tengah dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Endung Trihartaka mengakui selama ini Perhutani bekerja sama dengan Polda Jateng dan Pemprov Jateng telah berupaya mencegah dan mengurangi adanya karhutla. Yakni, dengan melakukan perlindungan hutan yang terdiri dari perlindungan korosi karhutla dan juga perlindungan dari ulah manusia.

Ia menyebutkan tahun 2019 kawasan perhutani yang terbakar kurang lebih 3000 Ha. Kebakaran itu terjadi kurang lebih 800 kali kejadian kebaran.Diharapkan musibah kebakaran tahun ini diharpakan ada penurunan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi menegaskan Polri terkait karhutla melangkah berdasarkan Instruksi dari Presiden.

BERITA REKOMENDASI