Polda Jateng Gelar Operasi Patuh Candi 2020

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG, KRJOGJA.com – Polda Jawa Tengah menggelar Operasi Patuh Candi 2020 yang bertujuan mengingatkan bagi masyarakat Jateng pentingnya menjaga keamanan, keselamatan, tata tertib berlalu lintas di jalan raya mulai digelar.

Operasi Patuh berlangsung selama dua pekan dan berakhir 5 Agustus mendatang diawali dengan gelar pasukan tingkat Jateng, Kamis (24/7) di halaman Mapolda, jalan Pahlawan Semarang. Selaku Irup gelar pasukan Operasi Patuh di tengah pandemi covid-19 sekaligus dilangsungkannya kampanye adaptasi kebiasaan baru bagi masyrakat menjalankan protokol kesehatan Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Lutfi.

Kapolda mengatakan Operasi dengan kekuatan 2.600 personil dari Polda sampai Polres akan mengedepankan aspek preventif serta humanis. Tindakan bagi pelanggar lebih diutamakan untuk mendidik masyarakat terkait protokol kesehatan di tengah penyebaran virus korona.

“Contoh masyarakat tidak menggunakan masker kita ingatkan, tidak pake helm kita ingatkan, tidak pake sarung tangan kita ingatkan. Namun, dibalik itu bila ada pelanggaran yang sifatnya mempunyai aspek bagi keselamatan lalu lintas baru kita tindak tegas. Selain itu kita gunakan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan,” kata Kapolda.

Sementara Dirlantas Polda jateng Kombes Pol. Arman Achdiat mengatakan selama Operasi Patuh tetap akan menindak tegas kepada pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.Misalnya berkendara secara ugal-ugalan, tidak mengenakan helm dan berkendara dengan kecepatan tinggi. “Di luar itu, kami tetap persuasif humanis,” demikian Dir Lantas Kombes Arman. (Cry)

 

BERITA REKOMENDASI